PENYULUHAN INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM BAGI MAJLIS GURU PP.AS-SALAM AL-MUBAROKAH
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembangunan manusia seutuhnya, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Pembelajaran bahasa Arab, sebagai bahasa Al-Qur’an dan sumber utama ajaran Islam, memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang luhur. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerja sama ke dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Dengan pendekatan edukatif yang terintegrasi, pembelajaran tidak hanya berfokus pada aspek linguistik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual dan moral. Metode penyuluhan ini mencakup ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta simulasi pembelajaran yang menekankan penerapan nilai-nilai karakter dalam konteks keseharian siswa. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa insersi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus memperkuat pemahaman mereka terhadap bahasa Arab sebagai sarana pembentukan kepribadian Islami.
Downloads
References
Abdullah, M. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Al-Qaradawi, Y. (2007). Pendidikan Islam: Konsep, Prinsip, dan Metodologi. Jakarta: Gema Insani Press.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiman, A. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 123-140.
Fathurrahman, M. (2015). Pendidikan Bahasa Arab dalam Konteks Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryanto, M. (2014). Karakteristik Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45-60
Hasan, A. (2011). Filosofi Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Panduan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama.
Mansur, S. (2018). Peran Bahasa Arab dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 12(1), 98-110.
Sulaiman, F. (2020). Insersi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Karakter Siswa di Madrasah. Jakarta: UIN Press.
Syamsuddin, A. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Zuhri, M. (2021). Strategi Pengajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 205-222.
Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. Toronto: Oxford University Press.
Harulod Palmar. Principle of Language Study. Diterjemahkan dalam Bahasa Arab Oleh Dr. Sholeh M. Nasir. Usus Ta'lim Lughoh Al Arabiyah. Mamlakah As Saudiyah Al Arabiyah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 22, 23, 24, Tahun 2006
Peraturan Menteri Agama Nomor: 2 Tahun 2008 Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 1999.
Wahab Rosydi, Abdul. 2007. Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. (Makala Seminar Internasional PIMBA dan IMLA’di Hotel Telkom Bandung, 22 September 2007)
https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2017/05/metode-insersi-sisipan-atau-lampiran.html
Copyright (c) 2025 A Mualif, Bustanur Bustanur , Alhairi Alhairi , Ikrima Mailani , Sopiatun Nahwiyah , Zulhaini Zulhaini , Helbi Akbar , Andrizal Andrizal , Fitra Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.