PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 006 PANGKALAN INDARUNG

  • Ropika Ningsih Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Peran Guru PAI, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru PAI dan Budi Pekerti pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk melahirkan siswa berprofil ideal. Namun hasil pra penelitian di SDN 006 Pangkalan Indarung Kec. Singingi, justru menunjukkan gejala permasalahan terkait profil siswa sebagai berikut: (1) Rendahnya etika saat pembelajaran berlangsung, (2) Tidak bisa menuntaskan tugas secara mandiri, (3) Kurangnya rasa saling menghargai, (4) Kurangnya rasa peduli terhadap siswa lain yang sedang kesulitan. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Projek Penguatan Profil  Pelajar  Pancasila di Kelas V SDN 006 Pangkalan Indarung Kec. Singingi. Jenis penelitiannya adalah kualitatif dengan guru PAI dan Budi Pekerti beserta siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan model Miles and Huberman sebagai teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Kelas V SDN 006 Pangkalan Indarung Kec. Singingi secara umum adalah baik. Sebab dari lima sub variabel penelitian ini, hanya dua yang masih belum ideal sesuai dengan teori yaitu: “Peran Guru sebagai Perencana” dan “Peran Guru sebagai Moderator”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>