PENYULUHAN INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM BAGI MAJLIS GURU PP.AS-SALAM AL-MUBAROKAH

  • A Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Fitra Wahyuni Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pendidikan Karakter, Bahasa Arab, Pendidikan Islam, Nilai-Nilai Moral, Penyuluhan

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek fundamental dalam pembangunan manusia seutuhnya, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Pembelajaran bahasa Arab, sebagai bahasa Al-Qur’an dan sumber utama ajaran Islam, memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang luhur. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan kerja sama ke dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Dengan pendekatan edukatif yang terintegrasi, pembelajaran tidak hanya berfokus pada aspek linguistik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual dan moral. Metode penyuluhan ini mencakup ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta simulasi pembelajaran yang menekankan penerapan nilai-nilai karakter dalam konteks keseharian siswa. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa insersi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus memperkuat pemahaman mereka terhadap bahasa Arab sebagai sarana pembentukan kepribadian Islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Al-Qaradawi, Y. (2007). Pendidikan Islam: Konsep, Prinsip, dan Metodologi. Jakarta: Gema Insani Press.

Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, A. (2019). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 123-140.

Fathurrahman, M. (2015). Pendidikan Bahasa Arab dalam Konteks Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryanto, M. (2014). Karakteristik Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45-60

Hasan, A. (2011). Filosofi Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Panduan Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kementerian Agama.

Mansur, S. (2018). Peran Bahasa Arab dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 12(1), 98-110.

Sulaiman, F. (2020). Insersi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Karakter Siswa di Madrasah. Jakarta: UIN Press.

Syamsuddin, A. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Zuhri, M. (2021). Strategi Pengajaran Bahasa Arab di Sekolah Islam untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 205-222.

Ellis, Rod. 1985. Understanding Second Language Acquisition. Toronto: Oxford University Press.

Harulod Palmar. Principle of Language Study. Diterjemahkan dalam Bahasa Arab Oleh Dr. Sholeh M. Nasir. Usus Ta'lim Lughoh Al Arabiyah. Mamlakah As Saudiyah Al Arabiyah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 22, 23, 24, Tahun 2006

Peraturan Menteri Agama Nomor: 2 Tahun 2008 Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 1999.

Wahab Rosydi, Abdul. 2007. Peningkatan Kualitas Pengajar Bahasa Arab Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Pembelajaran Bahasa Arab. (Makala Seminar Internasional PIMBA dan IMLA’di Hotel Telkom Bandung, 22 September 2007)

https://gurupintarmengajar.blogspot.com/2017/05/metode-insersi-sisipan-atau-lampiran.html

Published
2025-06-24
How to Cite
Mualif, A., Bustanur , B., Alhairi , A., Mailani , I., Nahwiyah , S., Zulhaini , Z., Akbar , H., Andrizal , A., & Wahyuni , F. (2025). PENYULUHAN INSERSI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM BAGI MAJLIS GURU PP.AS-SALAM AL-MUBAROKAH . BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 282 - 289. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i1.4290
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>