PELAKSANAAN EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS III DI MDA AL-MAGHFIRAH DESA SANGAU KECAMATAN KUANTAN MUDIK

  • Nur Azimah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Evaluasi, Proses Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Evaluasi atau tes sangat berperan dalam perencanaan pendidikan, dalam proses pembelajaran, dan dalam menentukan kedudukan anak didik. Kemampuan guru dalam melakukan evaluasi merupakan kompetensi guru yang sangat penting. Guru sebagai evaluator sudah seharusnya dapat melaksanakan proses evaluasi dengan baik, guru di haruskan lebih memperkaya skill kompetensinya dalam evaluasi dengan lebih memahami tentang teknik dan prosedur evaluasi pendidikan hingga menafsirkan hasil dari pelaksanaan evaluasi tersebut dan didapatkan keputusan yang tepat demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan apa adanya dari penelitian yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisa data secara deskriptif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan analisa data yang penulis uraikan, dapat disimpulkan bahwa dari 10 item aspek yang diobservasi, terdapat 8 item yang telah dilaksanakan oleh guru bidangstudi SKI, dan hanya 2 item saja yang tidak dilaksanakan pada saat evaluasi (Tabel 5.1 dan Tabel 5.2). Jadi pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran SKI kelas III di MDA Al Maghfirah Desa Sangau Kecamatan Kuantan Mudik dapat dikatakan sangat baik dengan nilai persentase 80% karena guru mengetahui dan memahami tujuan diadakannya evaluasi.Walaupun masih banyak kekurangan-kekurangan di berbagai aspek, baik kekurangan dari siswa, maupun dari guru itu sendiri.

Published
2023-07-06