PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH KOTO GUNUNG KECAMATAN GUNUNG TOAR

  • Yotati Asma Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode Mind Mapping dan Prestasi Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan masalah mendasar bagi kemajuan suatu bangsa. Sebab pada dasarnya pendidikan adalah pengembangan manusia secara keseluruhan baik jasmani maupun rohani untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. untuk menciptakan kehidupan yang cerdas maka dalam pembelajaran siswa harus berprestasi, untuk itu guru dituntut untuk selalu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan program pembelajaran yang akan berlangsung. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Muhammadiyah Koto Gunung Kecamatan Gunung Toar dan Apakah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTs Muhammadiyah Koto Gunung Kecamatan Gunung Toar. Metodologi penelitian yang berlokasi di MTs Muhammadiyah Koto Gunung terhitung Tanggal 15 Agustus s/d 26 September 2017. Subjek penelitian 1 orang guru fiqih dan 32 orang siswa kelas VII. Objek penelitian ialah penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Muhammadiyah Kecamatan Gunung Toar. Populasi dan sampel 33 orang, 1 guru mata pelajaran fiqih dan 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data ialah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisa data PTK yaitu Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, Siklus III. Kesimpulan hasil penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Muhammadiyah Koto Gunung Kecamatan Gunung toar dapat dikatakan Baik dan terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dilihat dari nilai rata-rata kelas pra siklus 74,53, pada siklus I meningkat menjadi 77,03, siklus II meningkat lagi menjadi 81,87 dan siklus III meningkat menjadi 82,65.

Author Biography

Sopiatun Nahwiyah, Universitas Islam Kuantan Singingi

Published
2023-08-30