PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA SMA NEGERI 2 TELUK KUANTAN (Studi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XI dan XII IPS)

  • Ahra Melini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori bahwa guru perlu memiliki Kompetensi Kepribadian yang ideal karena hal tersebut dapat mempengaruhi akhlak siswa dengan perannya sebagai figur percontohan sekaligus figur yang mengajak dan menanamkan kepribadian yang baik kepada siswanya. Pada hasil pra penelitian, ditemukan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Teluk Kuantan telah memiliki kompetensi kepribadian yang ideal dengan sikapnya yang lemah lembut, disiplin, pemaaf, bertangung jawab serta adil. Namun ditemukan pula rendahnya antusiasme siswa dalam belajar, kesopanan, dan kepedulian mereka terhadap lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri 2 Teluk Kuantan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI dan XII IPS. Penelitian ini berjenis kuantitatif asosiatif kausal dengan sampel 51 orang siswa. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah angket. Sedangkan teknik analisis datanya adalah Regresi Linier Sederhana dengan hasil tidak ada pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa. Hal ini dikarenakan pada Uji-T didapatlah persamaan nilai thitung 1,913 lebih kecil < daripada nilai ttabel 2,010. Demikian pula pada Uji Signifikansi di mana nilai (Sig.) 0,062 lebih besar daripada probabilitas 0,05.

Published
2024-02-07