PENGARUH PEMAHAMAN MATERI SALING MENASIHATI DALAM ISLAM TERHADAP SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA (Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cerenti)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala yang menunjukkan bahwa sikap peduli sosial siswa dalam pembelajaran PAI masih kurang baik.Padahal pemahaman materi saling menasehati dalam islam sudah baik, maka perlu diadakan penelitian tentang pengaruhpemahaman materi saling menasehati dalam islam terhadap sikap peduli sosial siswa dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas 1 Cerenti.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman materi saling menasehati dalam islam terhadap sikap peduli sosial siswa dalam pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas 1 Cerenti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cerenti,sedangkan sampelnya sebesar 78% dengan sampel penelitian 92 siswa dan siswi. Teknik pengumpulan data primer yang digunakan adalah angket dan untuk pengumpulan data sekunder yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana yang kemudian di olah menggunakan software SPSS 20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan pemahaman materi saling menasehati dalam Islam terhadap sikap peduli sosial siswa karena pada Uji-T didapatlah persamaan nilai thitung 0,322 lebih kecil < dari pada nilai ttabel 1,990. Demikian pula pada Uji signifikansi di mana nilai (Sig.) 0,749 lebih besar dari pada probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y.