PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME PELANGI PUTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII C di MTs.N 1 KUANTAN SINGINGI

  • Hendra Hendra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Bustanur Bustanur Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Learning media, rotating rainbow game, Learning Motivation, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game pelangi putar sebagai media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII C di MTs.N 1 Kuantan Singingi pada mata pelajaran Akidah Akhlak; mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII C MTs.N 1 Kuantan Singingi setelah menggunakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, Evaluation). Media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran (dosen), uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Pengukuran motivasi dilakukan di kelas VIII C sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis game pelangi putar. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran berbasis game pelangi putar: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan uji t jenis paired sample t test diperoleh hasil bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis game pelangi putar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII C di MTs.N 1 Kuantan Singingi.

Published
2024-02-07