PENGARUH PEMANFAATAN BUKU TEKS PELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Vii Di Mts Hayatul Islamiyah Kec. Pangean)

  • Isnawati Isnawati Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • A Mualif Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Pemanfaatan Buku Teks; Kemandirian Belajar

Abstract

Mata pelajaran al-qur’an hadits merupakan salah satu mata pelajaaran yang sulit membutuhkan inisiatif belajar siswa yang tinggi sehingga tidak heran kemandirian belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena tidak adanya dorongan dalam diri siswa untuk bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh guru. Sumber belajar berupa buku teks pelajaran yang memiliki isi teori yang cukup lengkap di MTs Hayatul Islamiyah, seharusnya siswa mampu untuk belajar dengan mandiri dan bertanggung jawab  pada dirinya sendiri, contohnya dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru siswa mampu untuk mengerjakannya dan percaya dengan hasil kerjanya sendiri, dan bisa memanfaatkan sumber belajar berupa buku teks ma Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pemanfaatan Buku Teks Pelajaran terhadap Kemandirian Belajar Siswa MTs Hayatul Islamiyah Kecamatan Pangean. Penelitian ini berjenis kuantitatif asosiatif kausal dan dilaksanakan di MTs Hayatul Islamiyah, Kecamatan Pangean. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan instrumen berupa angket sebagai sumber data primer. Sedangkan wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan untuk data sekunder (pendukung). Analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana yang kemudian diolah menggunkan Sofwere SPSS 20.0.ta pelajaran Al-qur’an hadits dengan baik disekolah maupun dirumah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,148 lebih besar dari nilai t table sebesar 2,07387. Hal ini juga dapat dilihat pada nilai signifikansi (sig). Yaitu 0,000 lebih kecil dari signifikansi probabilitas sebesar 0,05. Serta dilihat dari nilai Koefisien Determinasi ( R Squere) sebesar 0,850 atau jika dipresentasikan besaran pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pemanfaatan Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs Hayatul Islamiyah Kecamatan Pangean.

Published
2024-02-07