PENERAPAN MODEL EXPLICIT INTRUCTION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS III DI PDTA MIFTAHUL FALLAH DESA KOTO KOMBU

  • Kevin Dharma Putra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Penerapan Model Explicit Intruction Dan Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Model Explicit Intruction disebut juga dengan direct instruction (pengajaran langsung) merupakan salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah.

Adapun Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas adalah pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja di munculkan oleh guru di dalam kelasnya sendiri. Adapun kesimpulan penelitian dari “Penerapan Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu”adalah, mengalami peningkatan, Mulai pra Siklus hanya 5 orang yang belum bisa dan Pada Siklus I yang Tidak bisa itu hanya 3 orang sedangkan pada Siklus II sudah hampir merata peningkatannya yaitu 11 orang yang sudah bisa. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi Penerapan Model Explicit Intruction dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas III Di PDTA Miftahul Fallah Desa Koto Kombu adalah1. Guru membuat pelaksanaan tindakan dengan baik yang sesuai dengan alokasi waktu.2. Guru memperbaiki pengelolaan kelas dengan cara memperhatikan seluruh kegiatan siswa, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dalam bentuk tanya jawab. 3. Memberikan contoh soal yang lebih bervariasi.

Published
2024-02-07