PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs. Hayatul Islamiyah

  • Mhd Ilham
  • Andrizal Andrizal
  • Alhairi Alhairi
Keywords: Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Division (STAD) Type, Student Learning Motivation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs. Hayatul Islamiyah Kec. Pangean. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari Tiga siklus. Masing-masing siklus dilakukan dalam satu pertemuan. Tahapan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penulis juga menggunakan alat pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs. Hayatul Islamiyah. Hal ini dapat dilihat dari hasil olah data, diperoleh pada kegiatan pra siklus motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, sehingga harus diterapkannya Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) ini. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siklus I terlaksana baik yakni 60%, pada Siklus II naik menjadi 80% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%. Penerapannya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas kelas VIII MTs. Hayatul Islamiyah Kec. Pangean. Ini terbukti bahwa motivasi belajar siswa pada Pra Siklus yang mulanya 55,55%, pada Siklus I meningkat menjadi 63,97%, Siklus II meningkat menjadi 74,17% dan pada Siklus III motivasi belajar siswa juga meningkat menjadi 90,36%

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-07
Abstract viewed = 109 times
PDF downloaded = 20 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>