PENERAPAN METODE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIHDI KELAS VIII A MTs N 2 KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII A MTs N 2 Kuantan Singingi dengan menerapkan metode talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru Fiqih dan seluruh siswa siswa kelas VIII A MTs N 2 Kuansing yang berjumlah 30 orang sedangkan sebagai objek adalah Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII A MTs N 2 Kuansing. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data yang penulis lakukan dengan menggunakan grafik dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Fiqih dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan berjalan dengan baik dimana guru dan siswa lainnya mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Dibuktikan dengan Pra Siklus 53,66%. Pada Siklus I Pertemuan I Nilai Rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 74,33%. Dilanjutkan Pada Pertemuan II Nilai Rata-rata keaktifan belajar siswa menjadi 80,33% . Pada Siklus II Nilai Rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 90,66%.