PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PAKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 1 LOGAS TANAH DARAT KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Rosi Oprianti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Zulhaini Zulhaini Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Keterampilan Mengelola Kelas, Disiplin Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kedisiplinan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran PAI dan Budi Pakerti. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pakerti Kelas X di SMK Negeri 1 Logas Tanah Darat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif, dengan analisis data menggunakan analisis Korelasi dan analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas sebagai variabel (X) terhadap disiplin belajar siswa sebagai variabel (Y). karena nilai Korelasi 0,230 berada pada tingkat hubungan yang rendah. Demikian pula dengan nilai Signifikansi (Sig) 0,315 lebih besar dari 0,05, atau 0,315 > 0,05. Begitu pula dengan nilai t hitung 1,031 lebih kecil < dari nilai t tabel 2,093, atau 1,031 < 2,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Published
2024-02-07