PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VIII SMPN 3 KEC.HULU KUANTAN

  • Sri Kurnia Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Hypnoteaching, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena di SMP Negeri 3 Hulu Kuantan proses belajarnya masih monoton dan kurang menarik, metode ceramah yang membuat siswa kurang semangat dalam belajar dan siswa menjadi bosan serta tidak tertarik saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode hypnoteaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan III siklus. Hasil penelitian persiklus, pada pra siklus motivasi belajar siswa masih tergolong rendah yaitu 40,44%. Kemudian dilakukan siklus I dengan menerapkan metode hypnoteaching hingga terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu sebanyak 55,14%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan sebanyak 22,8% dengan jumlah persentase sebanyak 77,94%. Terakhir pada siklus III sebanyak 85,15% keseluruhan siswa sudah menunjukkan motivasi belajar yang sangat baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Published
2024-02-07