PENERAPAN METODE FUN LEARNING TIPE TEKA-TEKI SILANG DALAMENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIIIC MTs NEGERI 2 KUANTAN SINGINGI

  • Dila Puspita Sari Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Ikrima Mailani Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Metode, Fun Learning, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada  mata pelajaran fiqih kelas VIII C di MTs Negeri 2 Kuantan Singingi, yang disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa, tetapi juga bisa disebabkan kurang berhasilnya guru dalam mengajar. Seharusnya guru lebih mampu menerapkan metode yang menyenangkan, salah satunya adalah Metode Fun Learning Tipe  Teka-Teki Silang. Metode Fun Learning Tipe  Teka-Teki Silang ini  dapat melatih siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan meningkatkan keakraban antar siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Fun Learning Tipe Teka-Teki Silang dapat Meningkatkan Motivasi  Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII C MTs Negeri 2 Kuantan Singingi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dari merangcang desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih menggunakaan Metode Fun Learning Tipe Teka- Teka Silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari  motivasi belajar Pra Siklus dari 28 siswa hanya( 50,43%). Pada Siklus I motivasi belajar siswa  naik menjadi (70, 33%), siklus II  motivasi belajar siswa naik menjadi ( 90,66%), dan  motivasi belajar siswa semua materi dari Siklus I sampai Siklus II  naik menjadi (91,41%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2