PENGARUH PROGRAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN MAHARAH AL-KALAM BAGI SANTRI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN KH. AHMAD DAHLAN KEC. KUANTAN TENGAH

  • Rika Susanti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah), Kemampuan Maharah Al-Kalam.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan Maharah Al-Kalam yang berkaitan erat dengan pendidikan agama Islam sebagai bahasa tuturan Al-Qur’an maupun hadits. Kemampuan tersebut dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah), dipondok pesantren ini masih cukup banyak santri/yah yang belum mampu menjawab pertanyaan secara lisan ketika ujian dengan bahasa Arab, belum aktif menggunakan bahasa Arab, dan belum menguasai kosa kata secara baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) Terhadap Kemampuan Maharah Al-Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan Kec. Kuantan Tengah Kab. Kuantan Singingi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data primer menggunakan angket dan dokumentasi, didukung wawancara sebagai sumber sekunder. Adapun teknik analisis menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh Program Pendidikan Bahasa Arab (Daurah Arabiyyah) Terhadap Kemampuan Maharah Al-Kalam Bagi Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan. Hal ini dikarenakan nilai t-hitung -0,319 lebih kecil dari nilai t-tabel 2,074. Demikian pula pada nilai signifikansi 0,753 yang lebih besar dari nilai probabilitas 0,05 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>