ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 SENTAJO RAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala – gejala permasalahan yang ditemukan pada siswa kelas XI Mipa 1 SMA Negeri Sentajo Raya yang memiliki gejala permasalahan pada karakter religiusnya, 1. Ditemukan siswa yang melakukan bullying, 2. Ditemukan siswa yang tidak menjaga lingkungan kelasnya dengan baik. 3. Ditemukan siswa tidak mengikuti aturan guru dalam berpakaian yang sopan serta bermain – main dalam menjawab salam, 4. Terdapat siswa yang hampir selalu tidak berpartisipasi dalam kegiatan Rohani Islam (ROHANI). Berdasarkan gejala – gejala diatas, secara teoritis implementasi penguatan karakter religius berbasis budaya kelas dapat secara langsung mempengaruhi keberhasilan suatu proses penguatan karakter yang dimaksud pada suatu sekolah. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan karakter religius berbasis kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI Mipa 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dan siswa kelas XI Mipa 1. Hasil penelitian ini adalah implementasi penguatan karakter religius berbasis kelas pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas XI Mipa 1 di SMA N 1 Sentajo Raya, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi, telah ideal sesuai dengan teori. Hal ini dikarenakan dari empat indikator yang diteliti, keseluruhannya telah terpenuhi sesuai dengan teori, meskipun terdapat keterbatasan dalam beberapa penerapannya.