PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP INTENSITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VI SDN 027 JAKE

  • Olin Kia Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Andrizal Andrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Media Sosial TikTok, Intensitas Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan Media Sosial TikTok dikalangan siswa. Dalam hasil pra penelitian ditemukan bahwa banyak siswa yang lebih sering membuka TikTok di banding belajar, sehingga Intensitas Belajar siswa mengalami penurunan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengatahui adakah pengaruh penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Intensitas Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VI SDN 027 Jake (TP.2023/2024). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jumlah sampel 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, waancara, dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < probabilitas 0,05 sehingga disimpulkan  terdapat pengaruh variabel X terhadap Y. Sedangkan pada uji t, didapat persamaan nilai  7.904 lebih besar > dari nilai  1.683 akibatnya H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Intensitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SD Negeri 027 Jake (TP.2023/2024).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-12
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>