IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII (SMP Negeri 5 Singingi)
Abstract
Penelitian yang dilakukan peneliti dengan menggunakan model pembelajaran take and give merupakan suatu bentuk usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, hal ini dilakukan karna masih banyak nilai siswa yang belum mencapai nilai KKM, kurangnya konsentrasi siswa pada saat proses pembelajaran, dan kurangnya kedisiplinan siswa untuk menyelesaikan tugas sekolah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran take and give. Metode yang digunakan oleh penelitin yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasi penelitian ini adalah: pada kegiatan pra siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa hanya 69,28 atau 46% saja yang kemudian peneliti melakukan tindakan siklus I yang mana di dapatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa mulai meningkat menjadi 76,42 atau 64%, kemudian peneliti melanjukan pada siklus II atau siklus terakhir yang mana mendapatkan peningkatan kembali yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,35 atau 86%.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa