PERENCANAAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI (UNIKS) DENGAN METODE BINA MARGA 2003

  • Rindi Rindi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dwi Visti Rurianti Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Perkerasan Kaku, Beban Berlebih, Metode Bina Marga

Abstract

Ruas Jalan Gatot Subroto KM 7 Kebun NenasTeluk Kuantan, tepatnya di jalan masuk ke Universitas Islam Kuantan Singingi merupakan akses utama menuju area kampus UNIKS dan juga akses keluar masuk mobil angkut hasil panen perkebunan kelapa sawit. Kondisi jalan saat ini tidak memenuhi syarat kelayakan jalan karena banyak mengalami kerusakan dan tidak mampu menampung kendaraan dengan beban angkut berlebih. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan tebal Perkerasan kaku menggunakan metode Bina Marga 2003 yang memperhatikan beban berlebih. Penelitian ini menganalisa tebal perkerasan kaku dengan membandingkan dua metode yaitu metode Bina Marga 2003. Metode Bina Marga merupakan penyederhanaan dari metode AASHTO dengan menyesuaikan kondisi yang ada di Indonesia. Dari hasil perhitungan analisa fatik dan erosi dengan ketebalan 16 cm, diperoleh rusak fatik sebesar 72,7% sedangkan rusak akibat erosi sebesar 8,01%. Sehingga angka tersebut masih memenuhi persyaratan, karena kerusakan fatik maupun kerusakan akibat erosi tidak melebihi 100%.

References

[1] Ainun Nikmah, 2012Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Jalan Purwodadi -Kudus. Universitas Negeri Semarang, Malang.

[2] Bina Marga, Metode Manual Desain Perkerasan ( MDP )Pd T 14 2013.P295 | Evaluasi Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga ... | Nurman. L Vol. 2, No. 1, Juli 2019, Hal : 286 - 295

[3] Burhan Pribadi (2013 ) Perencanaan Perkerasan Kaku dengan menggunakan Metode Bina Marga 2003.Jalan Kresek – Jenggot Tangerang.

[4] IR Hamirhan Saodang MSCE.,2005.Pengertan Jalan.Perkarasan Kaku. Penerbit Nova Bandung

[5] Nursyamsu Hidayat, S.T., M.T., Ph.D dan Wiryanta, S.T., M.T. (2012), Buku 2 : RKPM(Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan)Modul Pembelajaran Pertemuan Ke-1Survei Jalan Dan LalulintasSem Iv / 2 Sks Praktek / Kode Pdts2227,Program Diploma Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

[6] Penulisan Tugas Akhir Dan Kerja Praktek, 2015, Progran Studi Teknik Sipil FakultasTeknik Universitas Islam Kuantan Singingi.

[7] Ruswandi Tahrir, Eko Budiman ( 2010 ) Analisa Perencanaa Perbandinan Tebal Perkerasan Kaku dengan metode AASHTO 1993,SNI Pd T-2003.Jalan Kubang Raya Provinsi Riau.

[8] Yonandika Pandu Putranto dan Ahmad Ridwansyah,( 2016)Perencanaan Perkerasan kaku Metode MDP Pd T-14-2013.pada Ruasjalan tol Karangayar – Solo
Published
2022-12-30