SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Ridho Akbar Li Saragi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Nofri Wandi Al-Hafiz Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: DISDIKPORA KUANSING, Sistem Informasi, Pelayanan Masyarakat dan Pegawai

Abstract

Penelitian dilaksanakaan di Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kuansing yang di mulai dari tanggal 02 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 17 September 2021. Peneliti tertarik ingin membuat sebuah sistem informasi untuk membantu melayani pegawai, masyarakat dan sekolah-sekolah yang ada di Kuansing dalam hal mendapatkan informasi dan pengajuan pelayanan publik serta syarat dan prosedur menjadi sekolah penggerak pada kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kuantan Singingi. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat, pegawai dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi mendapatkan informasi dan pengajuan pelayanan. Maka peneliti ingin membangun sebuah sistem informasi pelayanan terpadu di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kuantan Singingi. Hasil yang dicapai dalam pembuatan sistem informasi layanan masyarakat ini untuk mempermudah masyarakat, pegawai dan sekolah dalam mendapatkan informasi pelayanan serta  mengajukan pelayanan yang mana masyarakat dan pegawai tidak perlu datang kekantor DISDIKPORA KUANSING untuk mendapatkan informasi pelayanan, Masyarakat dan pegawai dapat lebih mudah mengetahui prosedur informasi pelayanan publik di aplikasi dengan mudah serta masyarakat, pegawai dan sekolah juga bisa mengetahui program–program apa saja yang sedang di berikan oleh pemerintah.Pegawai dan masyarakat tentu hanya dengan mengakses aplikasi untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan publik, informasi syarat, dan  prosedur menjadi sekolah penggerak, hal ini juga mempermudah masyarakat dan staf pegawai untuk mendapatkan informasi serta dapat memproses setiap pengajuan yang masuk dengan cepat.

References

[1] Maulana, K. R. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan dan Stok Barang Di Toko Widari Garut. Jurnal Algoritma, 12(1), 119-124.

[2] Abdurahman, Hasan, and Asep Ririh Riswaya. "Aplikasi pinjaman pembayaran secara kredit pada bank yudha bhakti." Jurnal Computech & Bisnis 8, no. 2 (2014): 61-69.

[3] Bahijzahy, Fachru Riza. "LKP: Aplikasi Company Profile CV. Metrika Tekhnik Berbasis Website." PhD diss., Universitas Dinamika, 2022.

[4] Taufiqurrohman, Taufiqurrohman, Siti Mudawanah, and Machmud Muthanudin. "PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN LEBAK." Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management & Accounting) 9, no. 2 (2022).

[5] Taufiqurrohman, Taufiqurrohman, Siti Mudawanah, and Machmud Muthanudin. "PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN LEBAK." Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management & Accounting) 9, no. 2 (2022).

[6] Taufiqurrohman, Taufiqurrohman, Siti Mudawanah, and Machmud Muthanudin. "PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN LEBAK." Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management & Accounting) 9, no. 2 (2022).

[7] Taufiqurrohman, Taufiqurrohman, Siti Mudawanah, and Machmud Muthanudin. "PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN LEBAK." Jurnal Studia Akuntansi dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management & Accounting) 9, no. 2 (2022).

[8] Opi, Indra Ch, and Sherwin RUA Sompie. "RANCANG BANGUN GAME EDUKASI TANGGAP BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI." (2022).

[9] Damayanti, Luthfinadya, Wayan Suana, and Afif Rahman Riyanda. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmeneted Reality Pengenalan Perangkat Keras Komputer." IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer dan Informatika 6, no. 1 (2022): 10-19.

[10] Marlina, Marlina, and Masnur Masnur. "Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web." Jurnal Sintaks Logika 1, no. 1 (2021): 8-17..

[11] Saepudin, "APLIKASI INFORMASI TIM PENANGGULANGAN KEADAAN DARURAT PADA PT HASNUR CITRA TERPADU BERBASIS WEB." PhD diss., Universitas Islam Kalimantan MAB, 2022.

[12] Affandi, Much Irsyad, and Hudan Eka Rosyadi. "PERANCANGAN APLIKASI TOKO ONLINE AL-IHSAN BERBASIS PHP & MYSQL." In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), vol. 3, no. 1, pp. 2164-2169. 2019.

[13] Anggraeni, Maudy Lisa, and Hari Purwanto. "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERGERAKAN PESAWAT PADA GROUND CONTROL ATC BERBASIS WEB DIBANDARA XYZ." JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma 9, no. 1 (2022): 129-140.

[14] Anggraeni, Maudy Lisa, and Hari Purwanto. "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERGERAKAN PESAWAT PADA GROUND CONTROL ATC BERBASIS WEB DIBANDARA XYZ." JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma 9, no. 1 (2022): 129-140.

[15] Anggraeni, Maudy Lisa, and Hari Purwanto. "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERGERAKAN PESAWAT PADA GROUND CONTROL ATC BERBASIS WEB DIBANDARA XYZ." JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma 9, no. 1 (2022): 129-140.

[16] Anggraeni, Maudy Lisa, and Hari Purwanto. "ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERGERAKAN PESAWAT PADA GROUND CONTROL ATC BERBASIS WEB DIBANDARA XYZ." JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma 9, no. 1 (2022): 129-140.

[17] Affandi, Much Irsyad, and Hudan Eka Rosyadi. "PERANCANGAN APLIKASI TOKO ONLINE AL-IHSAN BERBASIS PHP & MYSQL." In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), vol. 3, no. 1, pp. 2164-2169. 2019
Published
2022-12-30