RANCANGAN APLIKASI DIGITAL LIBRARY BERBASIS WEB DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Indria Sari Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Febri Haswan Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Digital Library, Perpustakaan, Website

Abstract

Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten kuantan singingi saat ini, sistem pengolahan datanya masih terbilang sederhana, yaitu belum adanya aplikasi digital library sehingga perpustakaan belum dapat di akses oleh masyarakat luas, dan proses peminjaman dan pengembalian masih menggunakan data tertulis .  tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi digital librry berbasis web sehingga dapat mengurangi biaya dan menghemat waktu.metode penelitian yang digunakan yaitu SDLC atau Sofware Development Life Cycle adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analisis membangun sistem informasi. yang terdiri dari 6 tahapan secara umum , analisis sistem, desain spesifikasi, kontruksi sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistemadapun hasil dari penelitian ini menghasilkan aplikasi digital library yang meningkatka kinerja pegawai dalam mengelolah data perpustakaan, meningkatkan kualitas perpustakaan yang merupakan sebagai salah satu penunjang pendidikan bagi masyarakat kuantan singingi, dan pemahaman pegawai tentang aplikasi pengolahan data akan lebih besar dikarenakan penggunaan sistem dalam jangka waktu yang panjang.adapun kesimpulan yang dikemukakan pada penelitian ini adalah sistem yang terkomputeriasi pada dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten kuantan singingi akan memberikan kemudahan dalam melakukan pelayanan bagi petugas maupun pengunjung perpustakaan. sistem yang terkomputerisasi ini akan mempersingkat waktu dalam pelaporandata buku dan  anggota. memberikan kemudahan dalam menemukan file-file yang berhubungan dengan perpudstakaan. dengan sistem yang terkomputerisasi ini maka sistem laporannya bisa dicetak.

References

[1] S.Salsabilah dan Yulianti,”Perancangan aplikasi perpustakaan berbasis web pada smk negeri 1 Rangkasbitung,” Jurnal Teknologi sistem informasi dan komunikasi,Vol.2,No. 1, Januari 2019.
[2] A.K.Nugraha dan F.Pulansari, “ Perancangan Sistem Informasi Persewaan Alat Berat Berbasis Website Online Guna Meningkatkan Pelayanan Konsumen”, Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. Vol. 01. No. 02. Hal.60-80, 2020.
[3] F.Yenila,M.Pratiwi,D.Kartika.R.L.Gema dan G.Efendi, “Analisa Sistem Informasi Pemliharaan Prasarana Jalan Dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU)”. Jurnal Teknologi. Vol. 9.No.01. Hal 22-25, 2019.
[4] S. Arlis, “Sistem Keamanan Aktivitas Komputer Anak Berbasis Opensource”. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. Vol. 9.No.03. Hal 59-71, September 2016.
[5] D. Sukrianto, “Penerapan Teknologi Barcode Pada Pengolahan Data Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)”. Jurnal Intra-Tech. Volume 1. No. 2. Hal 18-27, Oktober 2017.
[6] A.F. Saufa, dan N. Hidayah,“Open Access dan Perpustakaan Digital Tantangan Perpustakaan Dalam Mengelola Repository Di Perguruan Tinggi”. Jurnal Pustakaloka. Volume 10. No. 1. Hal 114-123, Juni 2018.
[7] D.D. Hutagalung, dan F. Arif,“Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMK Citra Negara Depok”. Jurnal Rekayasa Informasi. Vol 7. No. 1. Hal 13-22, April 2018.
[8] R.A. Rahman, I.M.I.Subroto, dan D.Kurniadi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Pekerjaan Umum dengan Pendekatan Konsep Nilai Hasil”. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI).Vol 1. No. 2. Hal 13-21, 2016.
[9] Y. Brianorman, dan Waspodo, “Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi dengan Menggunakan Kurva S sebagai Indikator Realisasi dan Kemajuan Pekerjaan”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika. Vol. 5. No. 3. Hal 344-351,Desember 2016.
[10] A.O.P. Dewi, “Penggunaan Mobile Library Untuk Perpustakaan Digital”. Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi Vol. 3. No. 2. Hal 151-155,2019.
[11] N.P. Yois, dan Marlini,“Sumber Daya Akses Perpustakaan Digital Pada Masa Pandemi Corona”. BIBLIOTIKA Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, Perpustakaan, Dan Informasi Vol. 4.,No. 2. Hal 218-222,2020.
[12] W.H. Ibrahim, dan I.Maita,“ Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar”. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 3,No. 2. Hal 17-22,2017.
[13] Y.A. Ferdiyato,“ Perancangan Sistem Informasi Pemerintahan Berbasis Web Studi Kasus Kantor Kelurahan Sumur Batu”. Jurnal Informatika dan Komputer. Vol. XXI ,No. 1. Hal 113-116,Maret 2019.
[14] D.Y. Hardiyanti,H.Novianti, And A.Rifai,“ Penerapan Algoritma FP-Growth Pada Sistem Informasi Perpustakaan”. CESS Journal of Computer Engineering System and Science. Vol.3 No. 1. Hal 75-77,Januari 2018.
[15] S. Adrianto, dan K.Wahyuni, “ Perancangan Aplikasi Perpustakaan Digital”. Journal Lentera Dumai. Vol.10, No. 2. Hal 1-8s,Mei 2019.
[16] Z. Ghazali,“ Perpustakaan Digital Dalam Kacamata Hukum”. Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional Vol.2 ,No. 1. Hal 47-58,Maret 2019.
Published
2023-07-26