APLIKASI PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR KIMIA BERBASIS MULTIMEDIA

  • Revi Novriantika Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Harianja Harianja Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Multimedia, Tabel Periodik Unsur Kimia, Black Box Testing

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi saat ini berkembang begitu pesat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu guru dituntut untuk mampu berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, baik itu dalam hal menyampaikan materi maupun menguji kemampuan siswa. Pembelajaran berbasis multimedia adalah media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini. Multimedia adalah media pembelajaran yang memadukan lebih dari satu jenis media, contohnya adalah sebuah media pembelajaran yang memadukan teks, gambar, suara dan animasi sehingga dapat mempermudah seseorang untuk mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran tabel periodik unsur kimia berbasis multimedia sehingga dapat mempermudah proses belajar siswa dengan konsep belajar yang menyenangkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model metode air terjun. Metode waterfall adalah pengerjaan darisuatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode pengamatan, metode wawancara dan studi pustaka. Pengujian sistem merupakan pengujian program perangkat lunak untuk menentukan apakah sistem tersebut cocok dengan spesifikasi sistem dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah black box testing. Black box testing adalah pengujian yang dilakukan untuk mengamati hasil input dan output dari perangkat lunak tanpa mengetahui kode program dari perangkat lunak tersebut. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi yang dibuat dapat memudahkan proses belajar mengajar dan mendorong minat belajar dalam belajar mata pelajaran kimia.

References

[1] Tim Panduan Skripsi Prodi Teknik Informatika-UNIKS. 2019. Buku Panduan Skripsi. Teluk Kuantan: Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi.
[2] Inung Diah Kurniawati, dan Sekreningsih Nita. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology. Vol. 1, No. 2.
[3] Rian Agus Dwinata, Rusdi Efendi, dan Sal Prima Yudha S. 2016. “Rancang Bangun Aplikasi Tabel Periodik Unsur Dan Perumusan Senyawa Kimia Dari Unsur Kimia Dasar Berbasis Android”. Jurnal Rekursif. Vol. 4, No. 2.
[4] Irwandi Tanjung, dan Darmanta Sukrianto. 2017. “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Terpadu Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Tampan Prov. Riau”. Jurnal Intra-Tech. Vol. 1, No.1.
[5] Maisyaroh, Astriana Mulyani, dan Aan Juanda. 2017. ”Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Tabel Periodik Unsur Kimia Berbasis Android”. Jurnal Bianglala Informatika-jurnalbianglala.web.id. Vol. 5, No. 2.
[6] Suswanto Djony P. dan Siti Naqiyah. 2019. Kimia SMK/MAK Kelas X Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta:PT. Erlangga.
[7] Jubilee Enterprise. 2017. Java Komplet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[8] Wahyu Nur Cholifah1, Yulianingsih2, dan Sri Melati Sagita3. 2018. “Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap”. Jurnal String. Vol. 3, No. 2:207-209.
[9] Okla Murlian Sari. 2020. “Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Metode CAI (Computer Assited Instruction) Di SDN 002 Ibul”. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer. Vol. 3, No. 2:618-625.
Published
2023-07-26