RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR PEMBAGIAN HARTA WARIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING

  • Ayik Ario Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Harianja Harianja Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Android, Backward Chaining, Smartphone

Abstract

Perkara pembagian harta waris merupakan salah satu permasalahan yang banyak dijumpai pada masyarakat. Menentukan bagian ahli waris pada suatu harta waris bukanlah perkara mudah, terlebih pembagian harta waris dalam perspektif Islam. Skripsi ini berisikan tentang perancangan sistem pakar pembagian harta waris dalam perspektif Islam menggunakan metode backward chaining. Sistem pakar ini akan dibangun pada sistem operasi (OS) android sehingga bisa dipasang pada setiap smartphone android. Aplikasi ini diharapkan mampu menjadi alternative dan memudahkan masyarakat dalam menentukan bagian ahli waris dalam suatu harta waris.

References

Akil, Ibnul. 2017. “Analisa Efektifitas Metode Forward Chaining dan Backward Chaining Pada Sistem Parakar”. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. Volume 13 No 1 :35-42.

Alamsyah, Dhavin Putra, Sutrisno dan Suprapto. 2018. “Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Menentukan Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam Menggunakan Metode Forward Chaining dan Demster-Shafer”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Volume 2 No 2 : 510-514.

Ardhilla, Tiara Lisya dan Novrina. 2016. “Aplikasi Sistem Pakar Ilmu Faraidh Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining”. Jurnal Informatika dan Komputer. Volume 21 No 3 :27-36.

Minarni, Desi, Indra Griha Tofik Isa dan Asriyanik. 2017. “Aplikasi Bagi Waris Islam Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web”. JOIN (Jurnal Online Informatika). Volume 2 No 2 : 127-133.

Rini, Erma Sulistyo, Dian Pramana dan Edwar Ridwan. 2017. ”Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Dalam Pengelolaan Taman Pendidikan Alqur’an di Bali”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017. ISSN : 2302-3805 :14-18.

Riyadi, Lukman dan Samsudin.2016. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining dan Backward Chaining”. Jurnal SISTEMAS. Volume 5 No 3 : 29-35.

Sigit, Haris Triono dan Khairul Anwar. 2015. “Aplikasi Android Kamus Bahasa Jawa Serang – Indonesia Menggunakan Algoritma Knutt Morris Pratt”. Jurnal PROTEKINFO. Volume 2 : 29-33.

Silmi, Muhammad, Eko Adi Sarwoko dan Kushartantya. ”Sistem Pakar berbasis Web dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining”. Jurnal Masyarakat Informatika. Volume 4 No 7 : 31-38.

Sujud, Amru, Juan BJ. Dan Sandy Krianda. 2017. ”Rancangan Program Aplikasi Al-Faraidh Sebagai Media Pembelajaran Mawaris di MAN Model Banda Aceh”. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Kominikasi). Volume 1 No 1 :15-23
Published
2020-07-06