EVALUASI TEBAL PERKERASAN KAKU DENGAN METODE BINA MARGA MDP Pd T-14-2013 STUDI KASUS JALAN SUNGAI JERING – KARI. TELUK KUANTAN
Abstract
Jalan Sungai Jering – Kari Kuantan Singingi merupakan jalan Provinsi terdiri dari dua jalur, yang existingnya masing – masing jalur berbeda. Sebelah jalur kiri existingnya merupakan aspal lama dan sebelah kanan existingnya masih tanah dasar asli,oleh karena itu penulis mengevaluasi tebal perkerasan kaku pada ruas jalan Sungai Jering – Kari dengan mengunakan metode Bina Marga Manual Desain Perkerasan Pd T- 14 – 2013. Dari hasil perhitungan evaluasi menggunakan ketebalan 295 mm atau 29,5 cm, sesuai dengan hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 dan untuk pondasi bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A dengan tebal 15 cm.
Downloads
References
Bina Marga, Metode Manual Desain Perkerasan ( MDP )Pd T 14 2013.P
Burhan Pribadi (2013 ) Perencanaan Perkerasan Kaku dengan menggunakan Metode Bina Marga 2003.Jalan Kresek – Jenggot Tangerang.
IR Hamirhan Saodang MSCE.,2005.Pengertan Jalan.Perkarasan Kaku. Penerbit Nova Bandung
Nursyamsu Hidayat, S.T., M.T., Ph.D dan Wiryanta, S.T., M.T. (2012), Buku 2 : RKPM(Rencana Kegiatan Pembelajaran Mingguan)Modul Pembelajaran Pertemuan Ke-1Survei Jalan Dan LalulintasSem Iv / 2 Sks Praktek / Kode Pdts2227,Program Diploma Teknik Sipil, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Penulisan Tugas Akhir Dan Kerja Praktek, 2015, Progran Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi.
Ruswandi Tahrir, Eko Budiman ( 2010 ) Analisa Perencanaa Perbandinan Tebal Perkerasan Kaku dengan metode AASHTO 1993,SNI Pd T-2003.Jalan Kubang Raya Provinsi Riau.
Yonandika Pandu Putranto dan Ahmad Ridwansyah,( 2016)Perencanaan Perkerasan kaku Metode MDP Pd T-14-2013.pada Ruasjalan tol Karangayar – Solo.