Mini Workshop Penulisan Karya tuLis Ilmiah Yang Dipublikasikan Pada Jurnal Ilmiah Berbasis OJS (Open Jurnal System) Bagi Guru Di SMAN 2 Singingi

  • Nofri Yuhelman Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rosa Murwindra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dwi Putri Musdansi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Edi Kurniawan Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Asregi Asril Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Jumriana Rahayu Ningsih Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Workshop, Publikasi, OJS, Jurnal JEDCHEM, Jurnal Al-Hikmah

Abstract

Publikasi artikel jurnal ilmiah melalui OJS merupakan proses publikasi jurnal ilmiah yang dilakukan secara online, mulai dari submit artikel sampai dengan publish jurnal ilmiah. Seluruh proses publikasi dilakukan melalui web jurnal ilmiah (OJS) dengan menggunakan browser internet (lnternet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan sejenisnya). Salah satu artikel dapat berupa jurnal. Sesuai dengan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (permenpanrb) No 16 Tahun 2009 Tanggal 10 November 2009, maka mulai tahun 2011 bagi Guru yang akan mengusulkan kenaikan pangkatnya harus memenuhi beberapa kriteria antara lain adalah kredit point yang harus didapat dalam pengembangan diri dan karya tulis (artikel).

Oleh karena itu untuk membantu guru dalam mengatasi hal diatas adalah diadakannya sebuah workshop tentang publikasi artkel. Diharapkan dengan diadakannya workshop publikasi jurnal ilmiah di SMAN 2 Singingi, guru bisa menentukan sendiri jurnal yang sesuai dengan artikel yang mereka punya. Kemudian harapannya lagi adalah guru bisa sendiri publish artikel yang mereka punya tanpa harus bergantung kepada orang lain. Tim pengabdian kepada masyarakat prodi pendidikan kimia akan membantu guru SMAN 2 Singingi untuk publish artikelnya dengan cara memperkenalkan jurnal yang ada di fakultas tarbiyah dan keguruaan yaitu jurnal dari prodi pendidikan kimia bernama Jurnal JEDCHEM (Journal Education and Chemistry) dan Jurnal Al-Hikmah (Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam)

References

Brotowidyojo, Mukayat D. 1985. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo

Gede susrama, dkk. 2018. Tutorial Sederhana Menggunakan OJS 3. Jakarta: Indomedia Pustaka

Handoko, Ikhwan Arief, Yuhefizar. 2017. Kupas Tuntas Open Journal System Versi 3. Padang: Elex Media Komputindo

Rohmania putri nurlaili. 2017. Manajemen Pengelola OJS. Relawan jurnal indonesia

Slamet riyanto,dkk. 2012. Panduan pengguna Sistem Aplikasi E-Journal Menggunakan Open Journal System. Jakarta: Ristek

Published
2021-06-29