EFEKTIVITAS KEGIATAN MAGHRIB MENGAJI DI DESA KOTO SENTAJO UNTUK MEMBENTUK SIKAP SPRITUAL ANAK

  • Sopiatun Nahwiyah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rosa Murwindra Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Yogi Adrian Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Efektivitas, Maghrib Mengaji, Spiritual Anak

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kedesiplinan pada anak-anak,serta mendampingi anak-anak dalam melancarkan bacaan Al-Qur’an untuk membentuk sikap spiritual anak melalui kegiatan maghrib mengaji di desa koto sentajo. Metode pengabdian yang diterapkan dalam kegiatan ini yaitu metode mendongeng . Peserta dari kegiatan ini terdiri dari anak-anak sekolah dasar yang ada di desa koto sentajo, dan penerapan ini dilaksanakan pada minggu kedua dibulan maret tahun 2023. Pada umumnya anak-anak belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar khususnya pada anak-anak sekolah dasar. Ada beberapa anak yang bisa membaca Al-Qur’an , namun masih ada anak-anak yang kurang bisa membaca Al-Qu’an . Hal ini disebabkan karena kurangnya guru mengaji dan masyarakat dalam membina maupun membimbing anak-anak dalam mengaji di desa koto sentajo. Hasil dari pengabdian ini anak-anak yang mulanya belum bisa membaca Al-Qu’an dengan baik dan benar kini perlahan anak-anak sudah mulai bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum tajwid.

References

Kartika, Rika, and Nurman Nurman. “Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam.” Journal of Civic Education 1, no. 2 (2018): 141–48.

Marlina, Elly, Hilma Listia Nurhasani, Sheha Rahmalia, Umi Latifah, and Zahra Aini Sari. “Pendampingan Program Gerakan Maghrib Mengaji Bagi Anak-Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Cisauheun Kota Banjar.” PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 1, no. 2 (2021): 125–39.

Putra, Handal Pratama. “Implementasi Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji Dalam Upaya Pembinaan Keagamaan Di Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.” EL-TARBAWI 14, no. 1 (2021): 47–66.

Rahman, Abdul. “Habituasi Gerakan Maghrib Mengaji Pada Masyarakat Desa Pakkabba Kabupaten Takalar.” Solidaritas: Jurnal Pengabdian 1, no. 2 (2021): 23–43.

T Sy Eiva Fatdha, Torkis Nasution, Helda Yenni, Syahrul Imardi." Pelatihan Desain Presentasi Untuk Peningkatan Kualitas Laporan Ilmiah Bagi Siswa Siswi Smk Teknologi Riau Pekanbaru". Bhakti Nagori: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3.1 (2023): 16-22

Irfandi Irfandi, Ahmad Mualif, Alhairi Alhairi, Helbi Akbar, Ikrima Mailani, Jumriana Rahayu Ningsih, Dwi Putri Musdansi, Nofri Yuhelman, Rosa Murwindra.” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Dan Sumber Belajar Bagi Anak”. Bhakti Nagori: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3.1 (2023): 74-79

Published
2023-12-29