PENGEMBANGAN POTENSI KEAGAMAAN MELALUI PERLOMBAAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MASYARAKAT DESA KOTO SENTAJO

  • Sopiatun Nahwiyah
  • Rosa Murwindra
  • Reza Rahmadani
  • sarikah sarikah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Mukti Adly
Keywords: Potensi Keagamaan, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Koto Sentajo

Abstract

Musabaqah Tilawah Qur’an (MTQ) menjadi bagian dari kebudayaan yang hidup dalam masyarakat terutama bagi masyarakat melayu tidak terkecuali Desa Koto Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi. Kegiatan MTQ di Desa Koto Sentajo diharapkan dapat mengembangkan potensi dan bakat masyarakat desa Koto Sentajo. Terdapat tiga perlombaan dalam kegiantan ini  yaitu azan, hafalan surah pendek dan tilawah.  Kegiatan MTQ diadakan di masjid ubsang raudhatul jannah, yang diikuti oleh anak-anak usia 5-12 tahun, remaja usia 13-17 tahun dan dewasa usia 18-60 tahun. Keberhasilan dari program ini adalah sangat antusiasnya anak-anak dalam menampilkan kemampuan mereka di atas panggung dengan masing masing lomba diikuti sekitar 20 peserta. Tentunya hal ini dapat melatih mental dan ketanggapan mereka dihadapan halayak ramai. Hadirnya inovasi kegiatan yang dilakukan ini dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih maju lagi terutama pada segi keagamaan

References

Abdur Rokhim Hasan. “Pendidikan Karakter Bersaing dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an” dalam Jurnal IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam. Volume 2, Nomor 2, 2019.

Dr. Maryam B. Gainau. 2020. Pengembangan Potensi Diri Anak & Remaja. Yogyakarta: PT Kanisus.

Kebudayaan.kemdikbud.go.id. “Masjid Tua Sentajo (Raudhatul Jannah ) Kuantan Singingi”, https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/masjid-tua-sentajo-raudhatul-jannah-kuantan-singingi. Diakses pada 06 Juni 2023.

Kuansing.go.id, “MTQ Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi Resmi Dibuka. Begini Kata Plt. Bupati Suhardiman Amby”. https://kuansing.go.id/id/blog/mtq-tingkat-kabupaten-kuantan-singingi-resmi-dibuka-begini-kata-plt-bupati-suhardiman-amby.html, diakses pada 7 Juni 2023.

Nita Muktianis, Bedriati Ibrahim, Asril. “Sejarah Koto Sentajo Sebagai Desa Cagar Budaya di Kabupaten Kuantan Singingi (2002-2020)”, dalam jurnal pendidikan tambusai. Volume 6, nomor 1, 2022.

Suarariau.co, “Mahasiswa KKN Tematik UNIKS Adakan MTQ Tingkat Desa Koto Sentajo Kuansing”. https://suarariau.co/m/baca/berita/2023-04-17-mahasiswa-kkn-tematik-uniks-adakan-mtq-tingkat-desa-koto-sentajo-kuansing. Diakses pada 7 Juni 2023.

Syahrul Hidayat dkk. “Potensi Keagamaan pada Anak Usia Dini melalui Program MTQ Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar Riau” dalam Jurnal Maspul Journal Of Community Empowerment. Volume 4, Nomor 3, 2022.

Published
2023-12-30