PEMBINAAN TERHADAP SISWA YANG MELAKUKAN CYBER BULLYING

  • Kasmanto Rinaldi
  • Bintang Johan Permana
  • Fauziah Rahmi
  • Muhammad Akmal
  • Muhammad Iqbal
  • Muhammad Maulana
  • Mutiara Rengganis AR
Keywords: siswa, remaja, cyberbullying

Abstract

Dalam penyuluhan ini kami memilih topik yaitu “Pembinaan Terhadap Siswa Yang Melakukan Cyber Bullying“ alasan kami memlih topik tersebut karna dalam hasil penelitian yang kami lakukan banyak faktok yang menunjukan remaja melakukan cyberbulling di kota pekanbaru yaitu berkembangnya inovasi teknologi dengan sangat pesat, kontrol sosial yang semakin melemah, Hukum yang tidak diketahui oleh para remaja, dan cara berperilaku remaja yang suka meniru. SMAN 14 Pekanbaru merupakan tempat dimana kami akan melakukan penyuluhan. Penyuluhan pembinaan terhadap siswa yang melakukan cyberbullying merupakan cara yang digunakan untuk menambah pengetahuan tentang pembinaan terhadap siswa yang melakukan cyberbullying untuk pencegahan agar bertujuan mengubah atau mempengaruhi pelaku yang melakukan cyberbullying dan membina agar korban cyberbully tidak merasa  takut dan merasa aman. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberitahukan bagaimana penghukuman untuk pelaku cyberbullying. Riset ini dijalankan guna memperoleh informasi berupa faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan cyber bullying. Pada masa ini terdapat beberapa fasilitas yang dapat mendukung terjadinya cyberbullying yang dilakukan oleh remaja diantaranya adalah permainan yang menggunakan internet, sosial media, dan beberapa media komunikasi digital lain. Setiap tahunnya terus terjadi peningkatan kasus-kasus cyberbullying yang dilakukan oleh para remaja. Oleh karena itu faktor-faktor yang menyebabkan para remaja melakukan tindakan cyberbullying ini  sangat penting untuk diketahui. Sehingga dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan kasus cyberbullying dapat diberantas secara efektif dengan mengetahui kebijakan kriminal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. P. (2012). Hubungan karakteristik remaja, peran teman sebaya dan paparan pornografi dengan perilaku seksual remaja di kelurahan pasir gunung selatan depok. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Gunarsa, S. D. (2007). Seri psikologi: Psikologi perkembangan.

Hurlock, E. B. (2001). Developmental psychology. (No Title).

Juvonen, J., & Gross, E. F. (2008). Extending the school grounds?—Bullying experiences in cyberspace. Journal of School health, 78(9), 496-505.

Kasmanto Rinaldi, S. H., Dinilah, A., Prakoso, B. Y., Siddik, F., Mianita, H., Nurjanah, M., ... & Wanda, S. E. (2022). DINAMIKA KEJAHATAN DAN PENCEGAHANNYA: POTRET BEBERAPA KASUS KEJAHATAN DI PROVINSI RIAU. Ahlimedia Book.

Kompas. (07 Juni 2018). Cyber Bullying Bisa Memicu Keinginan Untuk Bunuh Diri. Diakses dari https://lifestyle.kompas.com/read /2018/06/07/164042420/cyberbullying-bisa-memicu-keinginanuntuk-bunuh-diri

Kowalski, R. M., & Limber, S. P. (2013). Psychological, physical, and academic correlates of cyberbullying and traditional bullying. Journal of adolescent health, 53(1), S13-S20.

Laksono, P., & Magfiraini, R. (2014). Cyber prostitution: Bergesernya masalah sosial ke dalam ruang virtual. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 52-69.

Mordecki, G. (2014). Determinants of argentinean tourism Demand in Uruguay. Serie Documentos de Trabajo/FCEA-IE; DT17/14.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69-74.

Rinaldi, K., Afrizal, A., & Maulana, M. (2022). PENDEKATAN ATTACHMENT SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENCEGAHAN JUVENILE DELINQUENCY. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 163 - 172. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v2i2.2612

Rinaldi, K., Azhari, F., Alwafi, I., Sari, N., Nugraha, R., Putri, S. A., ... & Mianita, H. (2022). Strategi Pencegahan Eigenrechting di Lingkungan Masyarakat. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Budaya, 24(1), 75-93.

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi ulayat. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 1-16.

Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., & Kasmanto Rinaldi, S. H. (2022). Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Watts, L. K., Wagner, J., Velasquez, B., & Behrens, P. I. (2017). Cyberbullying in higher education: A literature review. Computers in Human Behavior, 69, 268-274.

Widodo, S. T. M., & Nita, V. (2019). Pencegahan bullying di sekolah dasar melalui pendidikan kesehatan reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 65-75.

Published
2023-06-26
Abstract viewed = 178 times
PDF downloaded = 223 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>