PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI CALISTUNG DI DESA PULAU PADANG GUNA MENUNJANG PERTUMBUHAN GENERASI Z
Abstract
Pengabdian ini bertujuan membimbing anak-anak untuk mengenal huruf alphabet dan angka guna menunjang pertumbuhan generasi Z. Serta meningkatkan minat anak untuk belajar melalui pendampingan kegiatan literasi calistung di desa pulau padang. Metode pengabdian yang diterapkan dalam kegiatan ini yaitu dengan pendekatan tematik atau penerapan yang dilakukan dengan tema yang berbeda-beda. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari anak-anak sekolah dasar yang ada di desa pulau padang, dan penerapan ini dilaksanakan pada bulan maret tahun 2023. Pada umumnya anak-anak tidak begitu memahami membaca, menulis, dan menghitung, khususnya membaca bagi anak-anak sekolah dasar. Ada beberapa anak yang pintar dalam menghitung maupun menulis, namun masih ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam calistung (baca,tulis,hitung). Hasil dari pengabdian ini anak-anak yang mulanya belum mampu membaca dan berhitung kini perlahan anak-anak tersebut dapat memahami huruf-huruf abjad serta angka dalam berhitung secara tepat.
Kata kunci: pendampingan, literasi, generasi z, calistung
Downloads
References
Harling, Vina N. Van, Sony Romalutur, and Markus Dwiyanto Tobi, ‘Pendampingan Peningkatan Literasi Baca Tulis Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Suprau Distrik Maladum Mes’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4.3 (2021), 577–84 <https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11579>
Istiyani, Dwi, ‘Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan’, Jurnal Penelitian, 10.1 (2014) <https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351>
Los, Unidad Metodología D E Conocimiento D E, ‘PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA R.’, 6.April 2022, 142–51
Ken goodmasn, yeta goodman, “Whole Language: What's the Difference?’, (1990), Heinemann.
Copyright (c) 2023 Arini Safitri, Delvitri Ramadhani, Ropika Nengsi, Bustanur Bustanur, Nofri Yuhelman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.