SOSIALISASI PEMBINAAN EKONOMI KEUMATAN DAN KESEJAHTERAAAAN PADA FORUM SILATURRAHIM (FOSIL) BKM MASJID INDONESIA KEC. MEDAN TEMBUNG

PKM

  • Burhanuddin Al Butary Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • M Ghuffar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Ekonomi syariah, kesejahtraan, pembinanaan

Abstract

Tulisan ini melaporkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Forum Silaturrahmi (FOSIL) BKM Masjid Indonesia KeCamatan Medan Tembung Provinsi Sumatarta Utara. Pengabdian ini difokuskan pada pengurus dan jamaah. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan  keterampilan pada pengurus dan jamaah mengenai bagaimana pengelolaan masjid dalam rangka  pembinaan ekonomi dan kesejahtraan. Melalui Sosialisasi ini diharapkan peserta lebih siap dalam menjalankan manajemen pengelolaan masjid yang sudah berlangsung selama ini,  maupun mengembangkan orientasi dalam rangka  pembinaan ekonomi dan kesejahtraan. Pengabdian pelatihan ini diawali dengan penyampaian teori, berupa materi – materi : masjid, ekonomi syariah dan manajemen  pengelolaan masjid dalam rangka pembinaan ekonomi dan kesejahteraan. Materi disampaikan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta diberikan pemahaman terkait cara pengelolaan masjid dalam rangka pembinaan ekonomi dan kesejahtraan. Sosialisasi diikuti oleh 22 orang peserta. Hasil dari sosialisasi ini, mampu   memberikan keterampilan dan pemahaman berkaitan dengan manajemen pengelolaan masjid dalam rangka pembinaan ekonomi dan kesejahtraan, sehingga peserta dimungkinkan  dapat mengembangkan manajemen pengelolaan masjid menjadi lebih maksimal dari sebelumnya., khususnya peran masjid dalam rangka pembinaan ekonomi dan kesejahtraan.

References

Amir Syarifuddin (1993). Pembaharuan Pemikiran dalam Hukum Islam, Cet. II. Padang: Angkasa Raya.
CFG Sunaryati Hartono (1988). Hukum Ekonomi Pembangunan. Bandung, Bina Cipta.
Hamidi, I., Suhel, S., & Latif, A. (2019). The effectivities of zakat productive funds toward zakat recipient income in Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 17(1), 24-30. doi:https://doi.org/10.29259/jep.v17i1.8965 .
Lindiawatie, L., & Shahreza, D. (2018). Peran Koperasi Syariah BMT BUMI dalam Meningkatkan Kualitas Usaha Mikro. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropi Islam, 2(1), 1-12.
Noer Soetjipto, HM (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi COVID-19. Yogyakarta : Penerbit K-Media.
Muhammad dan Lukman Fauroni (2002). Visi Alquran tentang Etika dan Bisnis. Jakarta: Salemba Diniyah.
Muhammad Yūsuf Mūsā (1988). Al-Islām wa al-Hājatal-InsāniyyatIlaih, Alih bahasa oleh A. Malik Madani dan Hamim Ilyas dengan judul “Islam Suatu Kajian Komprehensif”, Cet. I. Jakarta: Rajawali Pers.
Muslich (2004). Etika Bisnis Islami; Landasan Filosofis, Normatif, dan Substansi Implementatif. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.
Umar (2000). Businnes An introduction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sentot Imam Wahjono (2010). Bisnis Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2023-12-01