PENYULUHAN EDUKASI PENGATURAN SCREEN TIME DAN FILTER KONTEN DIGITAL PADA KELUARGA DI POSYANDU BUNDO KANDUANG
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola asuh keluarga, terutama terkait penggunaan perangkat digital oleh anak usia dini. Salah satu masalah utama yang dapat memengaruhi perkembangan anak adalah kurangnya literasi digital, ketidaktahuan orang tua tentang batasan screen time, dan ketidakmampuan untuk mengawasi konten digital. Hasil identifikasi yang dilakukan di Posyandu Bundo Kanduang di Kecamatan Harau, Sumatera Barat, menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum memahami bahaya yang ditimbulkan oleh paparan perangkat digital yang tidak terkontrol. Untuk mengatasi hal ini, penyuluhan dan pendampingan diberikan untuk mengatur waktu menonton TV dan menghilangkan konten digital dari keluarga. Metode klasik digunakan dengan materi interaktif dan diskusi kelompok kecil. Ini dilengkapi dengan penggunaan fitur pengendalian parental. 85% orang tua menyadari pentingnya pembatasan waktu layar dan penggunaan kontrol orang tua pada perangkat digital, menurut hasil kegiatan. Selain itu, evaluasi kegiatan menerima skor rata-rata 3,49 dalam kategori "Sangat Baik", yang menunjukkan bahwa kegiatan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dan sangat efektif. Kesimpulannya, kegiatan edukasi ini secara efektif meningkatkan literasi digital keluarga dan kesadaran orang tua untuk membuat lingkungan digital yang sehat dan ramah anak.
Downloads
References
. R. I. Khan and L. Dwiyanti, “Persepsi Orangtua tentang Penggunaan Smartphone untuk Anak Usia Dini,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 98–107, 2022, doi: 10.29407/pn.v8i1.18872.
. N. Nurhayati, P. H. Pebriana, R. Ananda, and S. Sumianto, “Analisis Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. DASAR PERKHASA J. Penelit. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 2, pp. 328–336, 2023, doi: 10.31932/jpdp.v9i2.2253.
. D. A. Feryando, A. P. E. Wibowo, A. Darmawan, S. Triwijaya, and S. Sunardi, “Edukasi Dini Penggunaan Smartphone Yang Baik Pada Anak-Anak,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 2, p. 1102, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i2.7004.
. Rahmahwidyaningrum, “Dampak Screen Time Berlebih Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Posyandu Balita Tunas Mekar Dusun Monggang,” ABDIMAS Madani, vol. 5, no. 1, pp. 48–54, 2023, doi: 10.36569/abdimas.v5i1.133.
. H. N. Husna, T. Izfadllillah, G. A. Wardani, A. Pratama, A. A. Rahma, and M. Y. Micola, “Edukasi Screen Time pada Anak di Masyarakat Kota Tasikmalaya,” Nuansa Akad. J. Pembang. Masy., vol. 8, no. 2 SE-Articles, pp. 475–484, Aug. 2023, doi: 10.47200/jnajpm.v8i2.1829.
. A. N. Khomarudin, R. Novita, and R. Aulia, “Penyuluhan dan Pendampingan kepada Guru dan Siswa MDTA Tentang Arif dan Bijak dalam Penggunaan Smartphone,” no. 1, pp. 46–56, 2023.
. A. N. Khomarudin, R. Novita, R. Aulia, and E. E. Putri, “Workshop E-Learning kepada Guru TK dan SD Excellent Bukittinggi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Profesional Dan Digital,” J. Indones. Soc. Soc., vol. 1, no. 2, pp. 54–59, 2023, doi: 10.59435/jiss.v1i2.81.
. Agus Nur Khomarudin, Romy Aulia, Rina Novita, Indra Laksmana, and J. Jamaluddin, “Implementasi Ubiquitous Computing Berbentuk Aplikasi Buku Tamu di SMK N 3 Payakumbuh sebagai Dukungan terhadap Komitmen SMK Berinovasi,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2 SE-Articles, pp. 477–484, Nov. 2024, doi: 10.54259/pakmas.v4i2.3225.
. A. N. Khomarudin et al., “Penyuluhan Internet Sehat tentang Bahaya Phising dan Dampak Negatifnya bagi Siswa SMK N 4 Payakumbuh,” Interak. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 16–22, 2025.
. D. I. Setyarini, S. G. Rengganis, I. T. Ardhiani, and E. K. Mas’udah, “Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 2496–2504, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3376.
. L. Mukarromah, M. Musayyadah, and N. Gupita, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Screen Time-Parental Control dalam Penggunaan Gadget Pada Siswa Kelompok B di Ra Raudlatul Mubtadiin,” Tinta Emas J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2 SE-Articles, Nov. 2023, doi: https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i2.881.
. T. A. P. Sari, N. Novitawati, and S. Sulaiman, “Pengaruh Interaksi Orang Tua: Screen Time terhadap Kemampuan Sosial Emosional dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3 SE-Articles, pp. 3525–3535, Aug. 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1420.
. K. Jannah, N. Gupita, and D. Pusparini, “Pola Pengasuhan Orang Tua Terhadap Penerapan Screen Time Di Masa Generasi Alpha Usia 4-6 Tahun Di Desa Rombuh Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan,” J. Inov. Pendidik., vol. 1, no. 3, pp. 333–343, 2023, doi: 10.60132/jip.v1i3.45.
. N. Pohan, P. A. Widya Purnama, and H. Kurnia AR, “Pengenalan Aplikasi Teknologi Komputer untuk Edukasi Islami bagi Anak-anak TPQ Nurul Huda Gunung Pangilun, Kota Padang”, MB, vol. 1, no. 3, pp. 99–109, Sep. 2025, Accessed: Oct. 07, 2025. [Online]. Available: https://yasiinpublisher.org/index.php/mandalabakti/article/view/56
. W. Akbar, “Sinergi Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Universitas Islam Kuantan Singingi dan Aparatur Penegak Hukum dalam Mendukung Efektivitas Pelayanan Publik pada Bagian Pemulihan Aset dan Barang Bukti (PAPBB)Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi””, MB, vol. 1, no. 3, pp. 110–118, Sep. 2025, Accessed: Oct. 07, 2025. [Online]. Available: https://yasiinpublisher.org/index.php/mandalabakti/article/view/69
. Febri Haswan, Nofri Wandi Al-Hafiz, A. Mualif, Afrinald Rizhan, Yudio Prastio, and Paris Paizal, “Pelatihan Optimalisasi Layanan Berbasis Teknologi: Aplikasi Antrian PTSP dan Sidang di Pengadilan Agama Teluk Kuantan”, MB, vol. 1, no. 3, pp. 119–125, Sep. 2025, Accessed: Oct. 07, 2025. [Online]. Available: https://yasiinpublisher.org/index.php/mandalabakti/article/view/57
Copyright (c) 2025 Resti Puspita Nurza, Tessa Tessa, Muhammad Dzhabi, Rabby Nazli, Agus Nur Khomarudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.