INOVASI FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERLIBATAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN

  • Rina Novita Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Agus Nur Khomarudin
  • Darra Kyrani Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Rahmadia Zila Hikma Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Yofandy Akbar Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Raza Fadzilla Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  • Rianti Azzahra Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
Keywords: Flashcard, Augmented Reality, Anak Usia Dini, Pembelajaran Interaktif, Andragogi

Abstract

Pendidikan anak usia dini, khususnya pada jenjang Taman Kanak-kanak (TK), merupakan tahap fundamental dimana anak berada pada fase golden age (usia emas), ditandai dengan kemampuan belajar, rasa ingin tahu, serta daya imajinasi berkembang sangat pesat. Pada masa ini, anak cenderung belajar melalui pengalaman konkret dan visual. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik, interaktif, serta mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat atau PkM ini mengangkat tema tentang inovasi flashcard yang dikombinasikan dengan augmented reality dengan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini di TK Al Ma’arif yang berlokasi di Jorong Purwajaya, Kenagarian Sarilamak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. TK Al Ma’arif dipilih sebagai mitra PkM didasarkan pertimbangan bahwa sebagai lembaga pendidikan non-produktif, TK Al Ma’arif menghadapi berbagai tantangan pada aspek sosial ekonomi dan akses terhadap teknologi. Kondisi masyarakat sekitar yang sebagian besar berpenghasilan rendah berpengaruh terhadap keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan. Selain itu, akses terhadap media pembelajaran berbasis teknologi masih sangat terbatas, sementara kesempatan bagi guru untuk mengikuti pelatihan penggunaan teknologi pembelajaran juga belum memadai. Metode pelaksanaan pengabdian dirancang dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif, sehingga mitra tidak hanya menjadi objek kegiatan, tetapi turut berperan sebagai subjek aktif dalam setiap tahap. Model yang digunakan mengacu pada prinsip andragogi dan Asset Based Community Development (ABCD). Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru sebesar 32%, meningkatnya keterlibatan siswa, serta terciptanya suasana belajar yang lebih hidup. Program ini juga melahirkan produk nyata berupa flashcard bilingual kombinasi dengan AR, modul pelatihan, video dokumentasi, dan dukungan perangkat TV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi Arifiani Rahmawati, “Effect Of Interactive Media In Fun Learning On Cognitive Abilities In Children Aged 5-6 Years,” Early Child. Educ. Pap., vol. vol.30, no. no.1, pp. 15–21, 2014, doi: 10.15294/belia.v12i1.65721.

M. Daryanti, “The Effectiveness Of Interactive Learning Media In Improving Early Childhood Numeracy Skills,” PENA PAUD J. Vol., vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2025.

C. Anggreani and A. Satrio, “Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 5126–5135, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1639.

F. Aydoğdu and M. Kelpšiene, “Uses of Augmented Reality in Preschool Education. International technology and education journ al,” Int. Technol. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 11–20, 2021.

D. R. Rini, A. M. Wisesa, R. T. Wulandari, and T. F. Prihandini, “Innovation for early childhood based on augmented reality,” Improv. Assess. Eval. Strateg. Online Learn., pp. 16–22, 2022, doi: 10.1201/9781003261346-3.

L. Yuliani, A. Hufad, O. Komar, L. Karwati, and A. Hamdan, “Andragogy Training Model in Advanced Level Training by Early Childhood Educators to Improve Learning,” J. Nonform. Educ., vol. 10, no. 2, pp. 392–401, 2025, doi: 10.15294/jone.v10i2.12358.

Sujarwo, “Strategi Pembelajaran Partisipatif Bagi Belajar Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi),” Maj. Ilm. Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5990

S. Nur, “Working with Communities in Asset Mapping Using ABCD Approach in Alauddin State Islamic University Makassar,” J. Islam Sci., vol. 01, no. 01, pp. 57–70, 2014.

U. Masturoh and M. Arif, “Pendampingan Gerakan Literasi dengan Metode ABCD pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk menumbuhkan Gerakan Literasi Inklusif Berbasis Komunitas,” JPMD J. Pengabdi. Kpd. Masy. Desa, vol. 4, no. 1, pp. 2745–5947, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/jpmd

D. Novitasari and S. Sugito, “Improving the skill of early childhood education teachers in making lesson plans through an andragogy-based training,” J. Nonform. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 97–106, 2018.

A. N. Khomarudin, R. Novita, and R. Aulia, “Penyuluhan dan Pendampingan kepada Guru dan Siswa MDTA Tentang Arif dan Bijak dalam Penggunaan Smartphone,” no. 1, pp. 46–56, 2023.

A. N. Khomarudin, R. Novita, R. Aulia, and E. E. Putri, “Workshop E-Learning kepada Guru TK dan SD Excellent Bukittinggi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Profesional Dan Digital,” J. Indones. Soc. Soc., vol. 1, no. 2, pp. 54–59, 2023, doi: 10.59435/jiss.v1i2.81.

A. N. Khomarudin et al., “Penyuluhan Internet Sehat tentang Bahaya Phising dan Dampak Negatifnya bagi Siswa SMK N 4 Payakumbuh,” Interak. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 16–22, 2025.

Agus Nur Khomarudin, Romy Aulia, Rina Novita, Indra Laksmana, and J. Jamaluddin, “Implementasi Ubiquitous Computing Berbentuk Aplikasi Buku Tamu di SMK N 3 Payakumbuh sebagai Dukungan terhadap Komitmen SMK Berinovasi,” PaKMas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2 SE-Articles, pp. 477–484, Nov. 2024, doi: 10.54259/pakmas.v4i2.3225.

Published
2025-12-03
How to Cite
Novita, R., Khomarudin, A. N., Kyrani, D., Hikma, R. Z., Akbar, Y., Fadzilla, R., & Azzahra, R. (2025). INOVASI FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KETERLIBATAN ANAK USIA DINI DALAM PEMBELAJARAN . BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 741 - 750. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v5i2.4914
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 7 times