PENGARUH PEMBERIAN DAUN SEMAK BUNGA PUTIH (Chromolaena odorata) DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER

  • Fitri Yani Islamic University of Kuantan Singingi
  • Muslim Muslim Program Studi Peternakan FAPERTA UNIKS, Teluk Kuantan
  • Fitrah Khairi Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Ayam broiler, tepung semak bunga putih, konsumsi ransum, PBB, konversi ransum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung daun semak bunga putih dalam ransum terhadap performans ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan selama 42 hari pada tanggal  19 Oktober  sampai dengan 30 November  2014, bertempat di Desa Toar Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi. Bahan yang digunakan adalah Day Old Chick (DOC) strain Lohmann sebanyak  100 ekor, tepung semak bunga putih, pakan yang digunakan adalah ransum jadi merk vivo. Peralatan yang digunakan adalah kandang, tempat minum dan pakan, lampu, ember, timbangan, blender, pisau, kompor, panci, lesung dan saringan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Setiap ulangan terdiri dari 5 ekor ayam broiler. Perlakuan yang diberikan adalah  A (kontrol), B (5% tepung semak bunga putih), C (10% tepung semak bunga putih) dan D (15% tepung semak bunga putih). Parameter yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum.  Hasil penelitian konsumsi ransum yang tertinggi adalah perlakuan D (15% tepung semak bunga putih) yaitu 78.32 gr/ekor/hari dan yang terendah perlakuan A (kontrol) yaitu 76.08 gr/ekor/hari. Pertambahan bobot badan yang tertinggi adalah perlakuan  D (15% tepung semak bunga putih) yaitu 44.69 gr/ekor/hari dan yang terendah perlakuan  A (kontrol) 42.26 gr/ekor/hari. Konversi ransum yang terbaik adalah perlakuan D (15% tepung semak bunga putih) yaitu 1.75. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa pemberian tepung semak bunga putih dalam ransum tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0.01) terhadap konsumsi ransum.

References

Abidin, Z. 2002. Penggemukan Sapi Potong. Jakarta: PT.Agro Media Pustaka.

Bamikole M. A dan Osemwenkhoe, A.E. 2004. Converting Bush to Meat : Acase of Chromolaena odorata Feeding to Rabbits. Pakistan Journal of Nutrition Vol 3(4):258-261.

Ginting, J. 2009. Pengaruh SEmak Bunga Putih (Chromoleana odorata) Dalam Ransum Terhadap Performans Ayam Pedaging Umur DOC-42 Hari. [Skripsi]. Fakultas Pertanian, universitas Sumatera utara, Medan.

Guler, T., B. Dalkılıç, O. N. Ertas, dan M. Çiftçi. 2006. The Effect of Dietary Black Cumin Seeds (Nigella sativa L.) on The Performance of Broilers. Department of Animal Nutrition, Veterinary Faculty, University of Fırat, 23119 Elazığ. Turkey.

Ichwan. 2003. Membuat Pakan Ayam Ras Pedaging. Cetakan I. PT Agromedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ikhimiyoya. 2003. Acceptability of selected common shrubs/tree leaves in Nigeria by West African Dwarf Goats. Departement of Animal Science, Faculty of Agriculture, Ambrose Alli University, Ekpoma, Nigeria.

Kartadisastra, H. R., 1994. Pengolahan Pakan Ayam. Kanisius, Yogyakarta.

Kartasudjana, R. 2002. Manajemen Ternak Unggas. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran. Bandung.

Marthen, L.M. 2007. Pemanfaatan Semak Bunga Outih (Chromoleana odorata) Untuk Peningkatan Produksi Tanaman dan Ternak. Fakultas Peternakan, Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT.

Miah M. Y, M. S. Rahman, M. K. Islam dan M. M. Monir MM. 2004. Effects of saponin dan L- carnitine on the performance dan reproductive fitness of male broiler. Int J Poult Sci. 3:530-533.

Mullik, M.L. 2007. Pemanfaatan Semak Bunga Putih (Chromolaena odorata) untuk Peningkatan Produksi Tanaman dan Ternak. Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana, Kupang.

Nurhayati, Nelwida dan H. Handoko. 2009. Pemberian Gulma Berkhasiat Obat dalam Ransum Terhadap Penampilan Ayam Broiler. Jurnal Of Animal Production. 11 (2) : 103‐108.

Samsiar, N. 2004. Cekaman makanan terhadap pertumbuhan kompensasi dan performans ayam broiler. Skripsi Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Published
2021-05-01