PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASE LEARNING PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL TELUK KUANTAN

  • Idea Chen Chen
  • Rosa Murwindra
  • Asregi Asril
Keywords: Media Pembelajaran, LKPD Berbasis PBL, Stoikiometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Kimia pokok bahasan Stoikiometri yang valid berdasarkan validasi ahli materi, validasi ahli bahasa, validasi ahli media dan validasi respon peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan proses pengembangan mengacu kepada model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung skor persentase penilaian validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan memenuhi kategori valid dari 3 ahli materi yaitu sebesar 92,75%, 3 ahli media sebesar 92,06%, 1 ahli bahasa yaitu sebesar 94,29%. Media pembelajaran ini juga memenuhi kategori valid yang mana siswa dapat menggunakannya dengan 99,60%.  Berdasarkan penilaian tersebut Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning Pada Materi Stoikiometri sangat layak digunakan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-13
Abstract viewed = 253 times
PDF downloaded = 219 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4