PENGEMBANGAN SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI STRUKTUR ATOM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan soal evaluasi pembelajaran kimia berbasis HOTS pada materi struktur atom untuk kelas X MIPA di SMA/MA sederajat. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi ahli soal, lembar uji respon siswa serta lembar uji respon guru. Hasil penelitian menujukkan bahwa soal evaluasi pembelajaran kimia pada materi struktur atom memperoleh rekapitulasi hasil uji soal dari 20 butir soal sebanyak 7 soal yang dapat digunakan. Selanjutnya hasil menujukkan bahwa soal evaluasi pembelajaran kimia memenuhi kategori yang sangat valid dengan perolehan nilai dari ahli soal sebesar 86,60%. Adapun hasil yang diperoleh dari respon siswa sebesar 90,25% dengan kategori sangat baik serta hasil yang diperoleh dari respon guru sebesar 94,64% dengan kategori sangat baik.