PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MASA KINI SEBAGAI PENUNJANG MERDEKA BELAJAR
Abstract
Penyelenggaraan kurikulum Merdeka juga memiliki banyak tuntutan bagi pendidik salah satunya adalah menguasai teknologi dengan cakap dan tepat guna terutama dalam hal pengembangan media pembelajaran. Guru dituntut untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam menciptakan media pembelajaran masa kini yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik. Salah satu media pembelajaran masa kini yang dapat dikembangkan berbasis web adalah google sites dan Quizziz untuk media Latihan online (syarifuddin, 2022). Namun untuk mengembangkan dan memenuhi tuntutan pendidik dalam menerapkan Merdeka Belajar serta era society 5.0, guru masih mengalami kekurangan dan keterbatasan dalam pemahamannya terutama pada guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Kimia Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Sehingga untuk melakukan terobosan akselerasi pemahaman tentang pengembangan media, perlu dilakukan kegiatan pelatihan untuk guru dalam pengembangan media terbaharukan guna menunjang kegiatan pembelajaran. Pelatihan yang dilaksanakan oleh program Studi Pendidikan Kimia mengangkat tema “ Pelatihan google sites berbasis quzizz” yang diselenggarkan pada tanggal 18-21 Mei 2024 di Gedung Serba Guna SMAN 1 Teluk Kuantan, dan diikuti oleh 25 orang guru-guru MGPM kimia Tingkat SMA. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan, dimana guru-guru mendengarkan presentasi kemudian mempraktekan dan dilanjutkan dengan pembelajaran mandiri dirumah masing-masing. Dari kegiatan tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Materi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sesuai dengan kebutuhan Peserta/Mitra, (2) Materi PkM dapat digunakan dalam Proses Belajar Mengajar sebagai penunjang Merdeka Belajar, (3) Mitra/peserta mendapatkan manfaat langsung dari kegiatan PkM ini, (4) Kegiatan PkM berhasil meningkatkan kemampuan mitra/peserta dalam pengembangan media pembelajaran, (5) Secara umum, mitra puas terhadap kegiatan PkM
Downloads
References
. Amka, Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamial Learning Center. 2018
. Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. “Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 2020. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112
. Dewi, C. K. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.
http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSICAHYAKURNIA.pdf
. Mardin, Herinda dan Nane, La. Pelatihan Pembuatan Penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran kepada guru madrasah Aliyah sekabupaten balemo. Jurnal abdimas Gorontalo volume 3 (2), Hal 78-82, 2020.
. Muhammadiyah, U., Utara, S., Medan, K., & Utara, S. Pengunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1, 1–12, 2023. https://doi.org/10.30596/jippi.v1i1.1
. Putri, N. K. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Lampung, 2021.
. Rosiyana. Pemanfaatan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran Bahasa Indonesia jarak jauh kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada kota Bogor. Jurnal Ilmiah Korpus Vol.5 No.2, 2021.
. Sulasmiati, Nova. Pembelajaran berbasis web memanfaatkan google sites. Jurnal wawasan Pendidikan dan pembelajaran, 2021
. Syarifuddin dan Eka Dwi Utari. Media Pembelajaran (Dari masa Konvensional hingga masa digital). Bening: Palembang, 2022
Copyright (c) 2025 Dwi Putri Musdansi, Rosa Murwindra, Irfandi Irfandi, Jumriana Rahayu N, Kiprah Piawi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which permits unrestricted use, distribution, and reproduction in any medium. Users are allowed to read, download, copy, distribute, search, or link to full-text articles in this journal without asking by giving appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. All of the remix, transform, or build upon the material must distribute the contributions under the same license as the original.