PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS VII.1 DI SMP NEGERI 5 SINGINGI KEC.SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Elda Yanti Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Sopiatun Nahwiyah
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Strategi Pembelajaran Card Sort , Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII.1 Di SMP Negeri 5 Singingi  Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan cara observasi, test, wawancara  dan dokumentasi, maka dianalisis data dengan menggunakan Grafik sesuai langkah-langkah PTK dengan hasil sebagai berikut : Penerapan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 5 Singingi Kecamatan Singingi, terbukti dengan persentase motivasi belajar siswa yang terus meningkat pada setiap siklusnya, Pra Siklus hanya 11,81% siswa yang memiliki motivasi belajar, pada Siklus I ternyata naik menjadi 27,27% siswa, pada Siklus II terus naik menjadi 73,18% siswa dan pada Siklus III sudah mencapai 92,27% siswa kelas VII.1 memiliki motivasi belajar.  Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 5 Singingi berdasarkan pengamatan peneliti adalah: Kurangnya pemahaman siswa pada strategi dan teknik Card Sort dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang terapkan oleh guru. Kurangnya kemampuan siswa dalam berfikir cepat untuk memburu waktu. Kesulitan mencocokkan antara kartu soal dengan kartu jawaban  dan Kemampuan siswa kurang dalam berbicara tanpa konsep, ketika presentase siswa kurang berkomentar.

Published
2024-02-07