KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRIWATI KELAS VIII DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL-MA’ARIF DESA AIR MAS KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Skripsi ini mengangkat tentang pengaruh metode Yanbu’a tehadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati kelas VIII di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma’arif Desa Air Mas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santri Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma’arif banyak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an akan tetapi ada beberapa santri dalam membaca Al-Qur’an belum sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan, seperti kurang memahami hukum bacaan tajwid, makharijul huruf, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode Yanbu’a terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati kelas VIII di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma’arif desa Air Mas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukan perhitungan, dapat disimpulkan bahwa pernyataan yang diujikan valid secara keseluruhan karena thitung > ttabel yaitu dengan nilai thitung 6,603 dan nilai ttabel 2,060. Nilai signifikansi (sig.) 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka ditemukan bahwa ada pengaruh Metode Yanbu’a terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santriwati Kelas VIII di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Ma’arif Air Mas.