PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU PADA MATERI PEMBELAJARAN KOLOID UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA
Abstract
Penelitian pengembangan media buku saku ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Pada Mata Pelajaran Koloid Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development, R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi tahap Pendefinian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disesmiate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar validasi ahli media, ahli materi dan lembar tanggapan siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung skor persentase penilaian validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran buku saku yang dikembangkan memenuhi kategori layak dari ahli media sebesar 86,57%, ahli materi sebesar 88,40%. Media pembelajaran ini juga memenuhi kategori layak dari tanggapan siswa dengan persentase sebesar 85,30%. Sehingga pengembangan buku saku pada materi koloid untuk SMA/MA kelas XI dikategorikan layak sebagai media pembelajaran.