PENERAPAN METODE FUN LEARNING TIPE TEKA-TEKI SILANG DALAMENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VIIIC MTs NEGERI 2 KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII C di MTs Negeri 2 Kuantan Singingi, yang disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa, tetapi juga bisa disebabkan kurang berhasilnya guru dalam mengajar. Seharusnya guru lebih mampu menerapkan metode yang menyenangkan, salah satunya adalah Metode Fun Learning Tipe Teka-Teki Silang. Metode Fun Learning Tipe Teka-Teki Silang ini dapat melatih siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan meningkatkan keakraban antar siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Metode Fun Learning Tipe Teka-Teki Silang dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas VIII C MTs Negeri 2 Kuantan Singingi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dari merangcang desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refeksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs kelas VIII C yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih menggunakaan Metode Fun Learning Tipe Teka- Teka Silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar Pra Siklus dari 28 siswa hanya( 50,43%). Pada Siklus I motivasi belajar siswa naik menjadi (70, 33%), siklus II motivasi belajar siswa naik menjadi ( 90,66%), dan motivasi belajar siswa semua materi dari Siklus I sampai Siklus II naik menjadi (91,41%).