PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPAI DAN BUDI PEKERTI DI KELAS IVB SDN 022 PULAU BARU KOPAH
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses belajar. Dalam proses pembelajaran ditemukan gejala-gejala yaitu dalam pembelajaran PAI siswa kurang memiliki minat dalam belajar, masih terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VI B SDN 022 Pulau Baru Kopah dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VI B SDN 022 Pulau Baru Kopah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua sampai tiga siklus penelitian mulai dari Pra Siklus, Siklus 1, Siklus II dan Siklus III. Adapun teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas VI B SDN 022 Pulau Baru Kopah, hal ini dibuktikan pada Pra Siklus minat belajar siswa hanya 50,60%, pada Siklus I minat belajar naik menjadi 62,30%, pada Siklus II minat belajar naik mencapai 71,50%, dan pada Siklus III minat belajar siswa mencapai 84,30%.