PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 1 ATAP SIGARUNTANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta literatur bahwa kompetensi profesional guru yang baik dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sebagai variabel dependen. Namun berdasarkan hasil pra penelitian di SMP Negeri Satu Atap Sigaruntang, ditemukan adanya kesenjangan antara fakta literatur tersebut dengan gejala yang terjadi di lapangan, di mana guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sudah menunjukkan kompetensi profesional yang ideal namun terdapat gejala motivasi belajar siswa yang bermasalah. Di antaranya adalah: (1) Ditemukan siswa yang tidak menyelesaikan dan tidak mengumpulkan tugas yang diberikan di dalam kelas; (2) Adanya siswa yang menyontek atau menunggu temannya tuntas dalam mengerjakan ulangan atau ujian; (3) Adanya siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran ketika menemukan kesulitan terkait materi dan tugas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Kompetensi Professional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satu Atap Sigaruntang. Adapun jenis dari penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan Regresi Linier Sederhana sebagai teknik analisis datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung 3,940 > t-tabel 2,021dan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas (Alpha) 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satu Atap Sigaruntang.