PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS IV SD NEGERI 005 PULAU KUMPAI KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri 005 Pulau Kumpai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pada saat pra penelitian, hanya 45,5% siswa yang dapat tuntas mencapai KKM sehingga perlu adanya suatu tindakan, yakni menerapkan model pembelajaran Word Square yang secara teoritis dapat meningkat hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas IV SD Negeri 005 Pulau Kumpai, Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat pra siklus PTK, siswa yang hasil belajarnya tuntas mencapai KKM hanyalah 36,36% saja. Lalu meningkat di siklus I menjadi 63,64%, dan menjadi 81,82% di siklus II.