PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA HIDROKARBON UNTUK SMA/MA
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis animaker ini bertujuan untuk menganalisis kelayakkan pengembangan media pembelajaran animaker pada sub materi tata nama senyawa hidrokarbon untuk SMA/MA sederajat. Metode penelitian pengembangan (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis) tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation), namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja, karena hanya berfokus pada pembuatan produk. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah melalui lembar validasi ahli media, ahli materi, respon siswa dan respon guru. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu dengan cara menghitung skor persentase judgment ahli, respon siswa dan guru dengan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis animaker yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid dari ahli media yaitu sebesar 92,5%, kategori sangat valid dari ahli materi yaitu sebesar 85,71% dan kategori sangat baik dari respon siswa sebesar 98,25%, kategori sangat baik dari respon guru sebesar 90,27%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media animaker pada sub materi tata nama senyawa hidrokarbon sangat layak untuk digunakan.