PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI UNTUK MATERI ALJABAR BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : SMP 3 SENTAJO RAYA)

  • Fernando Sadewa Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Harianja Harianja Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Game Edukasi, Aljabar, Android

Abstract

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai dalam pendidikan formal. Akan tetapi, dalam kenyataannya banyak sekali siswa yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit karena terlalu banyak rumus yang terkadang mereka tidak mengetahui dari mana rumus itu berasal. Salah satu materi pokok dalam matematika adalah materi aljabar. Banyak siswa yang belum mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan aljabar. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi Aljabar. Untuk mengatasi kesulitan siswa pada materi aljabar supaya siswa tidak merasa bosan dan dapat menyelesaikan soal-soal dengan mudah yaitu dengan menghasilkan game edukasi berbasis android yang di sesuaikan dengan silabus SMP kelas VII khususnya pada materi aljabar. Dengan adanya aplikasi game edukasi untuk materi aljabar berbasis android ini diharapkan dapat mempermudah siswa dalam proses belajar. Rancangan sistem ini akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan modul pembelajaran yang lebih beragam serta menambah penjelasan yang mudah dipahami ketika menjawab pertanyaan yang benar ataupun salah.

References

Agustina, Candra. Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering 1, no. 1 (2015): 1–18.

Fuada, Syaiful. Perancangan Game Petualangan Pramuka Berbasis Android. Jurnal Penerapan Ilmu-Ilmu Komputer 3, no. 1 (2015): 18–35.

Harianja. 2009. “Simulasi Rangkaian Catu Daya Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Ekotrans. ISSN 1411-4615, Vol. 9 No. 2:78-97.

Harianja. 2016. “Simulasi Gerbang Logika Dasar Sebagai Media Pembelajaran”. Jurnal Saintikom. ISSN 2407-8808, Vol. 2 No. 1.

Krismasari. Resa Elvira, 2015. Modul Matematika Aljabar Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk SMP/MTs. Ponorogo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Oktavia, Nur. Pembuatan Game Edukasi Berbasis Construct 2 Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Comtech 2, no. 3 (2015): 58–70.

Putra, Dian Wahyu. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan 1, no. 1 (2016): 46–58.

Rosyid, Abdul, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Mobile Game Ninja Aljabar Berbasis Edutainment Kelas VIII SMP”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Safaat, Nazruddin. ANDROID: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.

Wardani, Gismi, “Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus Pada Fakultas Teknik UNIKS)”. Skripsi, Universitas Islam Kuantan Singingi, 2016.

Yasin, Verdi. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan Arsitektur dan Perancangan (Modeling, Architecture and Design). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Published
2021-07-03