IDENTIFIKASI KAWASAN RAWAN BANJIR DI KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Nurmila Syahyu Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rikki Afrizal Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Identifikasi, Kawasan, Rawan Banjir

Abstract

Kecamatan Pangean berada pada Kabupaten Kuantan Singingi. Di Kecamatan Pangean terdapat beberapa desa yang sering sekali terkena banjir dan telah menjadi bencana tahunan terutama pada kawasan-kawasan yang berada dekat dengan aliran sungai kuantan. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kerawanan banjir dan bagaimana persebaranya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan analisis data menggunakan metode overlay dan skoring parameter. Data yang diperlukan seperti data primer dan data sekunder berupa data jenis tanah, kemiringan lereng, curah hujan dan penggunaan lahan di Kecamatan Pangean. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kerawanan banjir dan persebaran kawasan rawan banjir di Kecamatan Pangean. Tingkat kerawanan banjir diklasifikasikan dalam tiga tingkat kerawanan banjir yang meliputi kelas rendah, sedang dan tinggi. Kelas kerawanan banjir rendah dengan cakupan wilayahnya seluas 5.693,19 Ha, sedangkan tingkat kerawanan banjir sedang seluas 2.272,20 Ha, dan tingkat kerawanan banjir tinggi seluas 2.252,85 Ha. Persebaran kawasan rawan banjir di Kecamatan Pangean dibagi menjadi dua klasifikasi kejadian banjir yaitu daerah tidak kejadian dan daerah kejadian banjir. Daerah tidak kejadian dengan luas 7.947,54 Ha dan daerah kejadian dengan luas 4.081,92 Ha

References

Badan Pusat Statistik (2021). Kecamatan Pangean Dalam Angka 2021. Kabupaten Kuantan Singingi

Darmawan, K., & Suprayogi, A. (2017). Analisis Tingkat Kerawanan Banjir Dikabupaten Sampang Menggunakan Metode Overlay Dengan Scoring Berbasis Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Geodesi Undip, 6(1), 31-40.

Duwila, N. M, Tilaar, S., & Warouw, F. (2020). Identifikasi Kawasan Rawan Banjir Di Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Spasial, 7(1), 104-113.

Nugroho, H. D. (2018). Analisis Daerah Rawan Bencana Banjir Di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen Jawa Timur. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Okezone. (2021). 4 Banjir Terparah Yang Pernah Landa Indonesia. Jakarta. Www.Okezone.Com. Diakses Pada 17 April 2022.

Putra, M. M. (2020). Analisis Tingkat Kerawanan Bencana Banjir Berbasis GIS (Geographic Information System) Pada Sub DAS Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau)

Sarwono, J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Wattimena, Randy V. W. (2021). Identifikasi Kawasan Rawan Banjir Di Kota Ambon. Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia
Published
2023-07-26