PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF RECONNECTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII C Mts Darul Ulum Sukaraja)

  • Fitriani Kartika Putri Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Helbi Akbar Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Alhairi Alhairi Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Reconnecting; Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kelas VII C di MTs. Darul Ulum Sukaraja. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII C mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VIIC MTs Darul Ulum Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, teknik tes dan dokumentasi, serta pengolahan data dengan menggunakan Grafik Persentase dan Diagram batang. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan (Pra siklus) 67,88, Siklus I persentasenya 76,15, Siklus II persentasenya 79,03, dan Siklus III persentasenya 87,69. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Reconnecting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIIC di MTs Darul Ulum Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   

Published
2024-02-07