PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES PADA SUB MATERI TATA NAMA SENYAWA HIDROKARBON DI SMA/MA

  • Dellazal Pitri Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dwi Putri Musdansi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rosa Murwindra Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Google Sites, Pengembangan, SMA, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Abstract

Penelitian Pengembangan Media Interaktif Google Sites ini bertujuan untuk menjelaskan kelayakkan pengembangan intereraktif Google Sites pada sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon untuk Siswa kelas XI MIPA SMA/MA. Metode penelitian pengembangan (Reserch and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap anlisis (analisys) tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (implementation) dan tahap evaluasi (evaluation,  namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja, Karena hanya berfokus pada pembuatan produk. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah melalui lembar validasi ahli media, ahli materi, respon siswa dan respon guru. Teknik analisa data yang di gunakan yaitu dengan cara menghitung skor persentase judgment ahli, respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif Google Sites yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 89,29% dari ahli media dengan kategori valid. Dan memenuhi kategori sangat valid dari ahli materi dengan persentase sebesar 82,82% untuk uji respon terhadap media yang dikembangkan diperoleh pesentase sebesar 98,39% dari uji respon siswa dengan kategori sangat baik dan uji respon guru diperoleh persentase sebesar 95,00% dengan kategori sangat baik.

Published
2024-02-07