PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 1 BENAI

  • Nur Azurah Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Dwi Putri Musdansi Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Nofri Yuhelman Universitas Islam Kuantan Singingi
Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Koloid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk perbandingan hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 1 Benai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Posttest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA I sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster Random sampling. Penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-smirnov. Pada penelitian ini menggunakan uji "t"yaitu independent sample t-test. Hasil pengujian akhir diperoleh nilai Sig (1-tailed) adalah 0,000 < 0,05 hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak. Dengan ditolaknya Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dari hasil belajar kimia siswa yang melakukan pembelajaran secara konvensional.

Published
2024-02-07